Desain Masjid Nurul Amin Bergaya Kontemporer Dapat Pujian Wako Edi Kamtono

Desain Masjid Nurul Amin Bergaya Kontemporer Dapat Pujian Wako Edi Kamtono

Desain Arsitektur Bergaya Kontemporer dan Minimalis

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi desain arsitektur Masjid Nurul Amin Jalan Karet Komplek Karet Indah AB Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Pasalnya, desain yang dirancang untuk pembangunan masjid tersebut berbeda dari masjid umumnya.

“Desain masjid yang dibuat ini kalau saya lihat bentuknya kontemporer dan minimalis karena bentuk arsitekturnya berbeda dengan masjid umumnya yang biasa memiliki kubah seperti di Timur Tengah,” ujarnya usai meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Amin, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga :  Kelurahan Benua Melayu Darat Zona Merah Narkoba, Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono Minta Lurah dan Camat Lakukan Ini...

Pada umumnya, masyarakat melihat kekhasan masjid adalah adanya kubah dan bulan bintang. Berbeda dengan Masjid Nurul Amin yang bergaya kontemporer dengan ornamen-ornamen Islami sehingga menjadikannya berbeda dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Ia menilai desain seperti Masjid Nurul Amin ini menjadi sebuah terobosan baru karena setidaknya masjid tidak harus sama dengan masjid lainnya.

Baca Juga :  Upaya Tingkatkan Minat Baca, Dinas Kearsipan Sekadau Akan Berikan Reward ke Pengunjung yang Rajin ke Perpustakaan

“Tetapi tetap harus ada ornamen-ornamen Islami yang memperindah bangunan masjid,” kata Edi yang juga seorang arsitek.

Ia meminta panitia pelaksana pembangunan agar melaksanakan perencanaan hingga pembangunan dengan matang dan bisa selesai dengan sukses sehingga bisa segera difungsikan.

“Pemerintah Kota Pontianak akan membantu untuk pembiayaan pembangunan masjid ini,” ucap Wali Kota yang juga menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak. (J)

Comment