Booster Pramuka Pontianak Dilengkapi Taman Labirin

Booster Pramuka Pontianak Dilengkapi Taman Labirin

Penataan Kawasan Booster dengan Penghijauan

KalbarOnline, Pontianak – Booster Pramuka milik PDAM yang terletak di Jalan Letkol Sugiyono Kecamatan Pontianak Selatan bakal dilengkapi taman yang dipenuhi dengan pohon buah-buahan. Selain pepohonan, taman itu juga dilengkapi air mancur. Keberadaan taman yang tengah dikerjakan ini semakin melengkapi taman-taman kota yang ada di Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, penanaman pohon untuk penghijauan di lokasi tersebut untuk menghilangkan kesan kumuh sehingga sedap dipandang mata. Rencananya taman di Boster Pramuka ini akan dijadikan taman labirin dengan tanaman buah-buahan di sekelilingnya.

“Hari ini kita menanam 15 pohon durian. Pohon durian ini kita harapkan selain daunnya yang rimbun, buahnya juga berkualitas dengan berbagai jenis durian seperti musang king, duri hitam dan serumbun,” ujarnya usai menanam pohon durian di lahan Booster Pramuka, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga :  Hasil Kelulusan SMA Karya Sekadau Meningkat, Ini Pesan Kepala Sekolah

Selain pohon durian, lanjutnya, ada pula beberapa jenis pohon lainnya seperti lengkeng, cempedak dan manggis. Pohon buah-buahan itu akan dilakukan penataan sedemikian rupa sehingga menjadi taman buah-buahan. Meskipun luas pekarangannya terbatas, namun keberadaan taman ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan edukasi bagi masyarakat agar gemar menanam pohon.

“Penanaman pohon sangat penting karena kita memerlukan oksigen dan pohon itu sebagai penghasilnya,” katanya.

Baca Juga :  Edi Kamtono Dukung Festival Durian Digelar Rutin

Ia meminta seluruh kawasan booster PDAM tidak dibiarkan kosong lahannya, tetapi ditata dan dihijaukan. Apabila sudah ditata, nantinya akan menjadi ruang publik yang terbuka untuk umum.

“Jadi kalau nanti buah-buahan disini sudah matang, masyarakat dipersilahkan makan juga,” ungkap Edi.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa, Ardiansyah mengungkapkan pihaknya akan mulai menata kawasan booster-booster yang ada dengan penghijauan sehingga menambah hutan kota.

“Untuk penataan booster ini konsepnya akan kami sesuaikan agar lebih dekat dengan masyarakat seperti booster di Taman Pramuka di mana lokasi sekitar ada stan UMKM sehingga masyarakat bisa rekreasi,” pungkasnya. (J)

Comment