Edi Kamtono Sebut Masjid Cikal Bakal Cetak Generasi Qurani

Edi Kamtono Sebut Masjid Cikal Bakal Cetak Generasi Qurani

KalbarOnline, Pontianak – Pembinaan dan pendidikan Alquran bagi anak-anak tidak hanya dilakukan pada lembaga pendidikan formal, tidak sedikit lembaga non formal yang berperan dalam membentuk generasi qurani dan Islami.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi peran serta lembaga maupun Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang telah membantu dalam mencetak generasi qurani. Salah satunya peran masjid-masjid yang menyelenggarakan TPA di lingkungannya.

“Saya berharap masjid-masjid yang ada bisa berinisiatif dan berinovasi sehingga keberadaan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah semata tetapi juga sebagai sarana dalam memberikan pendidikan Alquran atau TPA,” ujarnya usai menghadiri Wisuda dan Khataman Angkatan XXII Unit 014 TPA Masjid Al Amin Kecamatan Pontianak Barat, Minggu (30/1).

Baca Juga :  Ada Sarang Nyamuk di Dinkes Sanggau, Harisson: Tidak Bisa Diampuni

Masjid Al Amin sebagai satu diantara masjid yang menyelenggarakan TPA mendapat apresiasi dari Wali Kota Edi Kamtono yang juga selaku Ketua Dewan Masjd Indonesia (DMI) Kota Pontianak. Ia berharap dengan diwisudanya para peserta didik TPA Masjid Al Amin ini para wisudawan bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlak.

“Hal ini akan kita galakkan terus sebagai upaya menciptakan generasi qurani sehingga memberikan semangat bagi keluarga dan anak-anak,” tuturnya.

Baca Juga :  Wako Edi Harap Drumband Asal Pontianak Bisa Berkiprah di Nasional

Pembina TPA Al Amin Widodo menerangkan pembinaan anak-anak di TPA Al Amin sudah berjalan lama sejak didirikannya Masjid Al Amin.

“Wisuda ini pertama kalinya digelar selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Di TPA Al Amin, kata Widodo, para siswa diberikan pendidikan tahfiz Alquran 30 juz dan iqro sebagaimana yang biasa digelar TPA-TPA lainnya. Tenaga pendidik rerata anak muda sekitar yang memang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Untuk peserta didik sekitar 200 lebih yang merupakan warga sekitar lokasi Masjid Al Amin,” pungkasnya. (J)

Comment