Makna Khusus Logo dan Tema HUT ke-65 Pemprov Kalbar

Makna Khusus Logo dan Tema HUT ke-65 Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan berulang tahun ke-65 pada tanggal 28 Januari 2022 besok. Perayaan hari ulang tahun (HUT) Pemprov Kalbar tahun ini tentu masih tetap dilakukan secara terbatas seperti beberapa tahun terakhir lantaran masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Pemerintah Provinsi Kalbar sendiri telah resmi mengumumkan tema dan logo yang akan digunakan dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-65 Pemprov Kalbar. Adapun tema yang diusung yakni Kalbar Tangguh, Tumbuh, dan Sejahtera.

Logo dan tema yang diusung itu berdasarkan hasil sayembara yang dilakukan. Adapun pria bernama Ligar Fajar Maulana yang jadi pemenangnya. Logo dan tema yang diusung pun memiliki makna khusus.

Baca Juga :  10 Pejabat Kalbar Dilantik, Kepala Bappeda Dijabat Sukaliman, Yuslinda Digeser Jadi Kadiskominfo

Dikutip dari laman resmi Pemprov Kalbar, logo berupa angka 65 itu menyerupai bentuk kepalan tangan yang divisualisasikan dengan gambar burung rangkong gading atau enggang gading, air dan daun yang didominasi warna biru dan hijau yang dipadukan dengan warna hitam, oranye dan kuning.

Burung rangkong gading dipilih menjadi visual dalam angka itu lantaran merupakan salah satu fauna yang menjadi maskot khas Kalimantan khususnya Kalbar. Sekaligus mencerminkan Kalbar memiliki keberagaman fauna yang unik.

Sementara angka 65 dalam logo itupun ternyata bukan sebatas angka, namun memiliki makna.

Angka 6 dan 5 yang meningkat dan saling terhubung merepresentasikan Kalbar akan terus tumbuh berkembang, melangkah maju dan sejahtera. Serta mencerminkan kehidupan sosial masyarakatnya yang solid, saling bergotong royong, bersatu, rukun dan harmonis.

Baca Juga :  Hadiri PAW Anggota DPRD, Ini Harapan Wagub Kalbar

Pada angka 6 menggambarkan potensi keunggulan alam Kalbar dari sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan. Pada angka 5 menggambarkan potensi keunggulan perairan laut Kalbar dari sektor perikanan. Bentuk air juga mencerminkan Kalbar sebagai provinsi seribu sungai, dapat dan sering dilayari. visualisasi bentuk daun dan air juga mencerminkan bahwa  Kalbar memiliki keberagaman potensi wisata yang menarik.

Sementara visualisasi bentuk kepalan tangan gambaran sikap dari pemerintah dan masyarakat Kalbar yang memiliki sikap semangat optimisme, percaya diri, Semangat juang yang kuat, tangguh untuk membangun Kalbar menjadi lebih baik, dan siap bersaing menjadi provinsi yang unggul.

Comment