Wabup Wahyudi Harap LTKL Angkat Potensi Kapuas Hulu Sebagai Heart of Borneo

Wabup Wahyudi Harap LTKL Angkat Potensi Kapuas Hulu Sebagai Heart of Borneo

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengapresiasi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan jajaran yang telah hadir langsung ke Kabupaten Kapuas Hulu. Menurut Wahyu, Kapuas Hulu sudah sejak lama kaya akan sumber daya alam yang sangat melimpah dan terkenal hingga ke mancanegara. Hal itu disampaikan Wabup Wahyudi dalam audiensi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) bersama Pemkab Kapuas Hulu di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa (25/1/2022).

Kapuas Hulu, kata Wabup, merupakan Heart of Borneo, menjadi cagar biosfer, serta punya dua taman nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum. Kapuas Hulu sendiri baru bergabung dengan LTKL pada tahun 2020.

Baca Juga :  Momen Idul Adha, Jiwa Berkurban Terpatri di Partai Gerindra 

“Sejak 2020, Kapuas Hulu bergabung dengan LTKL. Mohon agar bisa angkat potensi Kapuas Hulu, mungkin produk masyarakat bisa didorong untuk membantu pemasaran, begitu juga untuk mengangkat potensi lain,” kata Wabup.

Wabup Wahyudi Harap LTKL Angkat Potensi Kapuas Hulu Sebagai Heart of Borneo

Dalam kesempatan itu Wabup juga menyampaikan apresiasinya atas kepedulian LTKL terhadap korban banjir di Kapuas Hulu beberapa waktu lalu. Bahkan LTKL membantu untuk penyediaan vaksinasi Covid-19.

“LTKL juga pernah bantu pengadaan vaksin dan bantuan pada korban banjir beberapa waktu lalu, kami berterima kasih atas bantuannya,” tutupnya.

Sementara Kepala Sekretariat LTKL Gita Syahrani menuturkan, LTKL mengangkat moto lingkungan terjaga masyarakat sejahtera. Saat ini ada sembilan kabupaten yang tergabung dalam LTKL dan Kapuas Hulu salah satunya.

Baca Juga :  Komnas HAM Dorong Pemkot Fokus Gelontorkan Program Bagi Warga Rentan

“Kapuas Hulu merupakan yang termuda dari seluruh kabupaten yang bergabung,” ujarnya.

LTKL sendiri bergerak untuk membangun ekonomi lestari di Indonesia. LTKL membangun sistem gotong royong yang tujuannya membantu perekonomian daerah yang mengedepankan kelestarian alam.

“Kapuas Hulu saat ini punya tim khusus LTKL, hanya tiga kabupaten anggota yang punya itu. Tujuan tim tersebut adalah untuk membantu sebagai kabupaten yang baru bergabung. Intinya kita berupaya membantu mewujudkan pengembangan ekonomi lestari untuk Indonesia,” tutupnya.

Comment