by

Enam Desa di Dua Kecamatan Kapuas Hulu Terendam Banjir

Enam Desa di Dua Kecamatan Kapuas Hulu Terendam Banjir

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Enam desa di dua kecamatan di Kapuas Hulu terendam banjir, Senin, 24 Januari 2022. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan.

Kata Gunawan, pihaknya telah melakukan pendataan. Sejumlah desa tersebut di antaranya Desa Tanjung, dan Desa Kepala Gurung di wilayah Kecamatan Mentebah.

“Terus banjir juga di Desa Kensurai, Desa Rantau Kalis, Desa Nanga Danau, Desa Tekudak wilayah Kecamatan Kalis,” ujarnya, Senin 24 Januari 2022.

Ketinggian banjir berkisar antara 50 sentimeter sampai satu meter lebih dari badan jalan ke pemukiman warga.

“Biasanya banjir di daerah perhuluan sungai tidak terlalu lama, asal tidak terjadi hujan, satu atau dua hari sudah surut,” ucapnya.

Untuk banjir di wilayah Kecamatan Kalis dikarenakan debet air daerah aliran sungai (DAS) meluap hingga ke badan jalan pemukiman warga.

“Kalau banjir di Kecamatan Mentebah, juga sama meluapnya debet air di DAS,” ujarnya.

Gunawan juga menjelaskan bahwa, banjir terjadi di wilayah Kecamatan Mentebah dan Kalis akibat curah hujan cukup tinggi di perhuluan sungai, sehingga debet air daerah aliran sungai meninggi.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, yang di daerah-daerah yang mudah banjir akibat hujan deras, agar tetap siaga terhadap banjir,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Hadiri Perayaan Natal Nasional 2017 di Pontianak, Jokowi: Jangan Lelah bekerja di Ladangnya Tuhan

Comment

Terbaru