Kasus Covid-19 Meningkat: Pontianak dan Kubu Raya Diminta Waspada

Kasus Covid-19 Meningkat: Pontianak dan Kubu Raya Diminta Waspada

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar Harisson mewanti-wanti Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 akhir-akhir ini. Harisson meminta agar Satgas Covid-19 di dua daerah itu untuk meningkatkan kewaspadaan. Terlebih lagi sebentar lagi akan menjelang perayaan Imlek.

“Kota Pontianak ini kasusnya sekarang meningkat termasuk Kabupaten Kubu Raya. Ini harus kita waspadai. Meningkatnya ini karena makin banyaknya warga Kalbar dari luar yang pulang ke Kalbar, apalagi ini menjelang Imlek,” kata Harisson.

Baca Juga :  Ria Norsan Dianugerahi Penghargaan Gapensi

Untuk mengantisipasi peningkatan kasus yang disebabkan dari pelaku perjalanan, Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar akan melaksanakan pemeriksaan swab PCR secara acak di terminal kedatangan Bandara Internasional Supadio.

“Sekarang masuk ke Kalbar itukan cukup antigen negatif. Sebenarnya itu (antigen) tidak sensitif. Di mana antigen itu kalau Cycle Threshold (CT) 25 ke bawah bisa membaca positif atau negatif, tapi kalau CT 25 ke atas hanya terbaca negatif, atau tidak bisa terbaca. Makanya kami akan melakukan pemeriksaan acak swab PCR di terminal kedatangan Bandara Supadio,” kata Harisson yang juga merupakan Sekda Provinsi Kalbar ini.

Baca Juga :  Sutarmidji Beberkan Pembangunan Strategis di Ketapang Tahun 2021

Menurutnya, semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan masuknya varian Omicron di Kalbar dari kasus-kasus yang ditemukan. Terlebih lagi Kota Pontianak baru-baru ini menemukan kasus positif dari pelaku perjalanan dari Jakarta yang masuk melalui Bandara Internasional Supadio yang kemudian menjadi klaster keluarga.

“Satu kasus ini, baru pulang dari Jakarta. Yang bersangkutan awalnya batuk pilek, kemudian melakukan swab PCR secara mandiri di laboratorium swasta. Ternyata positif dengan CT 17. Setelah dilakukan tracing dan dilakukan pemeriksaan swab PCR terhadap anggota keluarganya, ternyata positif,” tutup Harisson.

Comment