Wabup Subandrio Buka Pra RAT CU Keling Kumang

Wabup Subandrio Buka Pra RAT CU Keling Kumang

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau Subandrio membuka Pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam CU Keling Kumang Area III Tahun Buku 2021, di Gedung Kateketik Sekadau, Rabu, 12 Januari 2022.

Turut Hadir dalam kegiatan RAT tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Emanuel, serta Kepala Dinas Sosial Aprontius, dan Kepala BPBD Matius Jhon dan Anggota DPRD Fraksi Hanura Paulus Subarno.

Adapun Pra RAT itu mengusung tema ‘Memperkuat basis sosial kultural dan teritorial untuk kesejahteraan anggota yang berkelanjutan’ yang dihadiri oleh anggota CU Keling Kumang.

Dalam arahannya Wabup Subandrio mengingatkan agar CU bisa bersinergis dengan pemerintah daerah dalam pengembangan usaha masyarakat. Dengan tujuan yang sama yakni untuk mensejahterakan masyarakat dan anggotanya.

Baca Juga :  Ombudsman Kalbar Nilai Kepatuhan Pelayanan Publik Polres Sekadau

Saat ini kata Wabup, di kabupaten Sekadau ada sekitar 178 Koperasi, dari jumlah tersebut hanya 136 yang dinyatakan aktif. Sebab, keaktifan koperasi dilihat dari rutin atau tidaknya mereka melakukan Rapat Anggota Tahunan.

Masih menurut Wabup, saat ini pemerintah daerah tengah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menyongsong program unggulan kabupaten Sekadau yakni Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan, Perikanan untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K).

Menurut Wabup program ini sangat tepat. Karena di kabupaten Sekadau 80 persen masyarakat hidup dari hasil pertanian.

“Jadi wajar dengan program IP3K bisa menjadi obat mujarab untuk mengangkat tarap hidup masyarakat dari kemiskinan. Untuk itu dibutuhkan sinergi CU dengan pemerintah terkait dukungan terhadap visi dan misi kabupaten Sekadau, dengan program unggulan tersebut,” kata Wabup.

Baca Juga :  Dewan Desak PJU, Kadis Perhubungan: Silahkan Usul

Di tempat yang sama Stepanus Masiun selaku pimpinan CU Keling Kumang mengatakan, saat ini perkembangan CU KK sangat pesat, karena CU merupakan mitra masyarakat menengah ke bawah. Kini CU sudah menyiapkan berbagai perangkat digital guna memudahkan anggota untuk menyetor atau membayar angsuran.

“Kini kita tengah menyiapkan perangkat, setor tunai di ATM CU, tujuannya agar para anggota meski hari libur bisa menyetor melalui ATM setor tunai. Di setiap Kantor CU yang sudah ada ATM-nya,” kata Masiun.

Comment