Bupati Martin Minta ASN Ketapang Tingkatkan Kinerja Terhadap Pelayanan Publik

Bupati Martin Minta ASN Ketapang Tingkatkan Kinerja Terhadap Pelayanan Publik

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang Martin Rantan meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang untuk meningkatkan kinerja terhadap pelayanan publik serta disiplin, kreatif dan harus mampu berorientasi pada peningkatan kinerja pelayanan.

Martin mencontohkan, di antaranya yakni, mulai disiplin masuk kerja yang bisa ditandai dengan absen secara elektronik. Hal itu ia sampaikan saat memimpin apel pagi di halaman kantor Bupati Ketapang, Senin (3/1/2022) pagi.

Martin Rantan menyebut, demikian juga dengan fakta integritas harus dilakukan secara tertulis. Karena itu, dalam penempatan pegawai atau pejabat struktural, Bupati menekankan pentingnya orang yang mampu bekerja.

“Bukan berdasarkan omong saja, tetapi orang yang benar-benar mampu membuat perubahan. Ini harus bisa diukur dengan fakta integritas yang tertulis,” ujarnya.

Bupati Martin Minta ASN Ketapang Tingkatkan Kinerja Terhadap Pelayanan Publik
Bupati Ketapang Martin Rantan saat memimpin apel pagi di halaman kantor Bupati Ketapang (Foto: *)

Martin Rantan meminta tiap pelayanan dilaksanakan semua bidang harus memuaskan masyarakat yang mendapatkan pelayanan. Demikian juga dalam melaksanakan pekerjaan selalu mengacu kepada aturan yang berlaku, baik undang-undang (UU), Peraturan Pemerintah, maupun Peraturan Daerah. Jagan sampai terjadi kecelakaan administrasi.

Ia mencontohkan, Pemerintah sudah berusaha membangun, sampai melobi anggaran pusat. Namun dalam pelayanan administrasi malah tidak bisa terserap.

Baca Juga :  Asisten III Setda Kabupaten Ketapang Buka Seminar dan Pengembangan UKS

“Jangan sampai terjadi kecelakaan administrasi, namanya sebuah kecelakaan bisa jadi akibat kelalaian. Mulai tahun 2022 harus benar-benar tertib administrasi. Pada 2021 untuk disposisi kepala dinas saja masih ada yang kurang tepat,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya akan melakukan perombakan secara besar-besaran di awal 2022. Pihaknya akan melakukan mutasi pada eselon II eselon II, pengawas ataupun fungsional hingga staf. Lantaran selama ini diketahui banyak penempatan yang belum merata.

Ia mencontohkan di kecamatan terbatas, sementara diperkotaan banyak ASN. Begitu juga di perangkat daerah, ada beberapa perangkat daerah, bidang yang hanya memiliki satu dua staf. Misalnya pada Bidang Bina, jika staf terbatas, sementara bidang pelayanan infrastruktur yang besar. Tentu saja akan berdampak pada kinerja.

“Jika pembangunan kurang memuaskan, justru yang disoroti masyarakat adalah Bupati. Bukan nama Kepala Dinas, nama kabid atau pun PNS yang disoroti masyarakat. Justru nama kepala daerah yang selalu disalahkan. Karena itu, tahun 2022, seluruh ASN diminta bekerja maksimal,” tegasnya.

“Termasuk, melalui absensi secara elektronik yangbbisa memantau kehadiran ASN. Serta diikuti kinerja yang bisa mendukung kerja pelayanan. Jangan sampai setelah absen langsung pergi, tanpa melakukan aktivitas pelayanan. Semua harus benar-benar terpantau, pegawai itu sudah digaji,” lanjutnya.

Baca Juga :  Bupati Martin Rantan Serahkan SK Pengangkatan P3K Guru Tahap 1

Ia menyebut kalau dirinya tidak menginginkan ASN tak produktif, apalagi sering alasan keluar ruangan kerja hanya untuk menjemput anak sekolah. Ia meminta Satuan Polisi Pamong Praja agar menyebarkan informan. Tujuannya untuk memantau ASN yang berpakaian dinas di luar kantor saat jam kerja.

“Seorang abdi negara harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Waktu pengabdian yang cukup lama dalam birokrasi, diharapkan mampu mengukir prestasi. Jangan hanya pandai bicara, tapi tidak ada hasilnya,” ucapnya.

Memasuki era transformasi digital, Bupati meminta ASN harus melek teknologi. Sebab pelayanan saat ini tidak lagi pada pola lama tapi sudah mengalami perubahan yaitu teknologi. ASN harus mampu adaftif terhadap perubahan sehingga harus rajin belajar melalui teknologi.

“Melalui perkembangan teknologi, ASN dapat belajar. Dengan begitu akan menjadikan ASN cerdas. Pada akhirnya akan memberikan dampak positif dalam pelayanan Pemerintah ke masyarakat,” tandasnya. (Adi LC)

Comment