Pertama di Dunia, Jepang Berencana Luncurkan Satelit Berbahan Kayu di 2023

Pertama di Dunia, Jepang Berencana Luncurkan Satelit Berbahan Kayu di 2023

KalbarOnline.com – Tim peneliti dari Jepang berencana untuk meluncurkan satelit berbahan kayu pertama di dunia pada tahun 2023. Hal ini menjadi proyek ramah lingkungan pertama dalam pengembangan wahana ruang angkasa.

Dikutip Kyodo, satelit yang bagian luarnya terbuat dari kayu akan terbakar saat memasuki kembali atmosfer bumi setelah akhir operasi sehingga mengurangi beban lingkungan, menurut tim yang terdiri dari Universitas Kyoto dan Sumitomo Forestry Co.

Selain itu, pembuatannya akan lebih murah daripada menggunakan aluminium, bahan utama saat ini untuk satelit. Oleh karena gelombang elektromagnetik dapat menembus kayu, satelit dapat berisi antena di dalamnya.

Baca Juga :  Smartfren Rilis Kartu Perdana 1ON+ dan Voucher Data Mingguan

Satelit yang direncanakan tersebut akan berbentuk kubus dengan sisi 10 sentimeter. Bagian luarnya akan dilapisi kayu dan sel surya, serta di dalamnya akan ada substrat elektronik.

Universitas yang dikelola negara di Jepang barat dan perusahaan produk kayu yang berbasis di Tokyo akan menguji ketahanan kayu di luar angkasa, mungkin mulai Februari, menggunakan peralatan eksperimental ekstravehicular dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Baca Juga :  Berkah Bisa jadi Musibah, Penduduk Lansia Jepang Terus Bertambah

Tim yang dipimpin oleh astronot Japan Aerospace Exploration Agency Takao Doi, berencana untuk memasang lapisan kayu dengan kekerasan yang bervariasi, yang diambil dari beberapa jenis pohon.

Doi, seorang profesor khusus program di Universitas Kyoto, mengatakan jika rencana itu berhasil, itu akan mengarah pada “memungkinkan bahkan anak-anak yang tertarik pada ruang angkasa untuk membuat satelit.”

Doi menjadi astronot Jepang pertama yang mengambil bagian dalam kegiatan ekstravehicular ketika dia menaiki Space Shuttle Columbia pada tahun 1997.

Comment