by

Dua Puskesmas Bernilai Miliaran di Kapuas Hulu Rampung Dibangun

Dua Puskesmas Bernilai Miliaran di Kapuas Hulu Rampung Dibangun

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 membangun tiga Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Puskesmas yang dibangun di antaranya di Kecamatan Putussibau Selatan, Bunut Hulu dan Kecamatan Hulu Gurung.

Kepala Bidang SDK Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Nanang Fadli menyampaikan bahwa pembangunan Puskesmas Putussibau Selatan dan Bunut Hulu sudah selesai 100 persen.

“Sementara Puskesmas Tepuai Hulu Gurung dilanjut penyelesaiannya tahun 2022,” terang Nanang Fadli, Kamis (23/12/2021).

Nanang menyampaikan, tiga Puskesmas yang dibangun tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Puskesmas Putussibau Selatan menggunakan DAK sebesar Rp8,7 miliar dan Puskemas Tepuai Hulu Gurung Rp8,7 miliar.

“Sedangkan Puskesmas Bunut Hulu menggunakan DAU Rp6 miliar,” jelasnya.

Nanang menyampaikan, pembangunan Puskesmas Tepuai di Hulu Gurung diberikan waktu penyelesaiannya hingga 21 Februari 2022. Terhambatnya pembangunan puskesmas tersebut lantaran bencana banjir yang melanda Kapuas Hulu dan Sintang beberapa waktu lalu. Akibatnya berdampak pada suplai material sehingga, pengerjaan menjadi terhambat dan terpaksa membuat para pekerja menghentikan sementara pengerjaan. Bahkan, kata Nanang, banjir tersebut juga merendam material berupa 200 sak semen dan material lainnya.

Untuk itu, kata Nanang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) telah memberikan kompensasi waktu kepada penyedia jasa dari PT Pangkalan Bangunan Borneo 57 hari kerja hingga tanggal 21 Februari 2022.

“Pekerjaannya sebenanya tinggal finishing saja, karena hanya tinggal 25 persen lagi yang harus diselesaikan,” kata dia.

Dia pun mengharapkan dengan dibangunnya Puskesmas yang baru itu, akreditasi Puskesmas menjadi meningkat pula. Seperti untuk Puskesmas Putussibau Selatan dari utama menjadi paripurna.

“Sedangkan untuk Puskesmas Hulu Gurung dari Madya bisa naik ke paripurna,” harapnya.

Nanang menjelaskan, program pembangunan Puskesmas dan rumah sakit di Kapuas Hulu yang bersumber dari DAK ini merupakan program dari Nawacita Presiden RI khususnya untuk daerah-daerah yang berbatasan dengan negara tetangga. Salah satunya Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Malaysia.

“Di Kapuas Hulu tinggal tujuh Puskesmas lagi yang belum dibangun sesuai prototipe dari Kemenkes RI,” kata Nanang.

Comment

Terbaru