Dishub Pontianak Kempiskan Ban Mobil yang Parkir Sembarangan

Dishub Pontianak Kempiskan Ban Mobil yang Parkir Sembarangan

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Perhubungan Pontianak memberikan sanksi tegas kepada pemilik kendaraan roda empat, yakni dengan mengempeskan ban mobil yang diparkirkan sembarangan di kota itu.

“Hari ini kami memberikan sanksi tegas berupa mengempeskan ban beberapa mobil yang diparkirkan sembarangan oleh pemiliknya di sepanjang Jalan Alianyang, Pontianak,” kata Kepala Dinas Perhubungan Pontianak, Utin Srilena Chandramidi, seperti dilansir dari Antara Kalbar, Senin.

Ia menjelaskan, sanksi tegas itu, pihaknya lakukan karena pemilik kendaraan roda empat tersebut melanggar aturan terkait parkir, sehingga berdampak terjadinya kemacetan di Jalan Alianyang serta rawan terjadinya kecelakaan di jalan tersebut.

Baca Juga :  Kunjungi Rumah Radakng, Sandiaga Uno Dorong Kalbar Perkuat Cultural Tourism

Ia menambahkan, pemilik kendaraan yang memarkir kendaraannya di badan jalan itu telah melanggar Peraturan Daerah Pontianak Nomor 19/2021 tentang Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

“Apalagi di kawasan tersebut jalannya kecil, dan arus lalu lintas cukup padat, sehingga akibat parkir sembarangan itu, telah menyebabkan kemacetan,” ujarnya.

Ia menyatakan, sebelum mengambil tindakan tegas mereka juga telah beberapa kali memberi peringatan kepada juru parkir setempat agar menertibkan kendaraan atau tidak memarkirkan kendaraan masyarakat hingga di badan Jalan Alianyang itu.

“Tetapi hari ini tetap juga masih ada kendaraan yang parkir hingga ke badan jalan, sehingga hari ini ditertibkan, bahkan saya juga turun langsung tadi,” ujar dia.

Baca Juga :  Hadapi MTQ Provinsi Kalbar di Mempawah, 48 peserta Kafilah Pontianak Siap Berlaga

Ia kembali mengimbau kepada masyarakat atau para pemilik kendaraan, baik roda dua dan empat ke atas agar tidak memarkirkan kendaraannya di badan jalan, karena akan berdampak kemacetan dan rawan kecelakaan lalu-lintas.

“Kalau tidak mau diberikan sanksi, sebaiknya memarkirkan kendaraan pada tempat yang disediakan atau tidak parkir di badan jalan manapun,” imbaunya.

Menurut dia, mereka akan rutin berpatroli menertibkan para pemilik kendaraan agar tidak parkir di badan jalan yang ada di Pontianak.

Comment