Pemkab Ketapang Canangkan Tujuh Desa Mapan Serentak

Pemkab Ketapang Canangkan Tujuh Desa Mapan Serentak

KalbarOnline,Ketapang – Wakil Bupati Ketapang Farhan mencanangkan serentak Desa Mantap dan Terdepan (Mapan) tujuh desa di Kabupaten Ketapang, Kamis (30/12/2021).

Adapun tujuh desa yang dicanangkan serentak sebagai Desa Mapan, yakni Desa Tanjung Pasar di Kecamatan Muara Pawan, Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Desa Sei Nanjung, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Desa Pangkalan Teluk, Kecamatan Nanga Tayap, Desa Semayok Baru, Kecematan Pemahan dan Desa Kedondong di Kecamatan Kendawangan.

Farhan mengatakan, Desa Mapan merupakan role model pengembangan desa secara mantap dan terdepan menuju arah kemandirian secara sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

“Desa Mapan adalah desa yang telah memiliki tingkat perkembangan yang pesat dengan didukung oleh infrastruktur dan sarana prasarana yang sangat memadai, regulasi dan pelayanan pemerintahan desa yang mantap, serta adanya stabilitas dan kemapanan dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Farhan menyebutkan, maksud dari konsep Desa Mapan ialah dalam rangka memberikan arah bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berbasis peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa secara lebih terpadu dan fokus serta memiliki daya ungkit.

Baca Juga :  Si Jago Merah Hanguskan Satu Rumah di Payak Kumang Ketapang

“Desa Mapan yang akan diwujudkan dalam desa yang berasal dari setiap kecamatan dan bukan berada di ibukota kecamatan dengan jumlah 20 desa. Hal ini dimaksudkan agar terjadi percepatan kemajuan bagi desa di luar Ibukota kecamatan,” ujarnya.

Sementara tujuan dari konsep desa mapan ada tiga, yakni mendorong terbentuknya kota kecil di luar ibukota kecamatan, mendorong percepatan tingkat kemajuan dan kemandirian desa. Adapun indikator Desa Mapan dikategorikan ke dalam tujuh aspek yaitu regulasi mapan, pelayanan mapan, infrastruktur mapan, kesehatan mapan, pendidikan mapan, ekonomi mapan dan sosial budaya dan lingkungan mapan.

“Saya minta kepada Camat, Kepala Desa, dan perangkat desa serta segenap unsur perangkat desa untuk dapat mendukung program Desa Mapan dan berikan data dengan valid dan benar sehingga dapat mempermudah perencanaan dan intervensi program yang akan dilakukan,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan Desa Mapan akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan mulai tahun 2022 sampai dengan tahun 2024, di mana setiap tahun akan ditetapkan desa-desa yang menjadi rencana target sebagai desa mapan untuk dilakukan intervensi program kegiatan yang sangat dibutuhkan dan akan terus dilakukan sampai dengan indikator sebagai desa mapan terpenuhi.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Akan Buka Sekolah Tatap Muka

Adapun rencana target Desa Mapan yang akan diwujudkan setiap tahun yakni pada tahun 2021, penyiapan dan validasi data, tahun 2022 validasi data (lanjutan), penyusunan dokumen rencana teknis dan intervensi program/kegiatan (APBD-P 2022) pada beberapa desa target, intervensi program/kegiatan pada 10 desa target dan tahun 2024, intervensi program/ kegiatan pada 10 desa target.

Adapun Desa Mapan di Kabupaten Ketapang pada tahun ini sudah berjumlah 20 desa yang berada di 20 Kecamatan yakni Desa Tanjung Pasar, Laman Satong, Kualan Hilir, Gema, Sepotong, Muara Jekak, Pangkalan Telok, Sekukun, Semayok, Jairan Jaya, Harapan Baru, Belaban Tujuh, Tanah Hitam, Terusan, Kedondong, Sungai Nanjung, Negeri Baru, Paya Kumang, dan Desa Penyarang. (Adi LC)

Comment