Bupati Sis Lantik 195 Pejabat Fungsional

Bupati Sis Lantik 195 Pejabat Fungsional

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sebanyak 195 Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dilantik. Pelantikan pejabat fungsional tersebut merupakan penyetaraan jabatan, dari sebelumnya sebagai Pejabat Pengawas atau setingkat eselon empat menjadi pejabat fungsional sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Ratusan pejabat itu dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan di Gedung Volley Indoor Putussibau, Kamis (30/12/2021).

Bupati Fransiskus Diaan mengatakan, pelantikan pejabat pengawas ke pejabat fungsional ini bertujuan untuk memangkas birokrasi di lingkungan pemerintah serta memberikan peluang karir dengan sistem karir berbasis fungsional. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Baca Juga :  Soal Pembangunan Infrastruktur, Bupati Kapuas Hulu: Akan Dituntaskan Secara Bertahap

“Bagi pejabat fungsional yang dilantik pada hari ini tidak hanya semata-mata murni melaksanakan peran dan fungsi sebagai pejabat fungsional, akan tetapi juga tetap membantu menjalankan tugas dan fungsi manajerial yang selama ini dilaksanakan dalam rangka membantu unit organisasinya menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. Karena peran dan fungsi manajerial yang telah Bapak/Ibu miliki selama ini akan tetap dibutuhkan dalam menghadapi dinamika roda pemerintahan ke depan yang semakin dinamis,” kata Bupati.

Baca Juga :  Bupati Serahkan NPHD Bantuan Pengembangan Ubi Kayu di Selimbau

Bupati juga berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan jabatan yang baru, tingkatkan kinerja dan terus kembangkan kompetensi yang dimiliki. Sehingga dapat menjadi bagian penting dalam menjalankan roda pemerintahan yang semakin dinamis sekarang ini.

“Serta diharapkan dengan adanya implementasi penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Kapuas Hulu Hebat,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini, Forkompida, dan para Kepala OPD di lingkungan Kapuas Hulu.

Comment