by

PT LAP dan PT MP Beri Reward Desa Bebas Api

PT LAP dan PT MP Beri Reward Desa Bebas Api

KalbarOnline, Ketapang – Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berada di wilayah Kabupaten Ketapang PT Lestari Abadi Perkasa dan PT Mentari Pratama kembali lagi memberikan sosialisasi pencegahan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta pemberian reward (penghargaan) periode 2020 – 2021 kepada desa desa yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Ada 13 desa yang menjadi desa binaan atau yang menandatangani MoU pencegahan kebaran hutan dan lahan dengan PT Lestari Abadi Perkasa dan PT Mentari Pratama, di antaranya Desa Beringin Rayo, Desa Serengkah, Desa Tanjung Beulang, Desa Titi Baru dan Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang titi menjadi desa binaan PT Mentari Pratama sedangkan Desa Betenung, Desa Batu Mas, Desa Cegolak, Desa Pebihingan, Desa Kerta baru, Desa Sepuring Indah, Desa Pengatapan dan Desa Batu Tajam menjadi desa binaan PT Lestari Abadi perkasa.

Kegiatan sosialisasi pencegahan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta pemberian reward (penghargaan) ini dilaksanakan di perusahaan PT Lestari Abadi Perkasa dan PT Mentari Pratama yang turut dihadiri oleh pihak Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni Daops Ketapang, Dinas PERKIM-LH Kabupaten Ketapang, Muspika Nanga Tayap, Pemahan dan Tumbang Titi beserata Kepala Desa dan tim pleton pencegahan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan desa yang tergabung dalam tim siaga Desa bebas api program Masyarakat Bebas Api dan Tim Pemadam Kebakaran perusahaan.

“Sosialisasi kebakaran hutan dan lahan serta pemberian “reward” ini sudah menjadi Program rutin kami setiap tahun dan sudah berjalan 5 tahun dari tahun 2016 sampai sekarang. Adapun kriteria desa-desa di wilayah operasional Perusahaan selama MoU periode 1 tahun yang mendapatkan reward (penghargaan) yaitu dimana wilayah Desa desa tersebut tidak membuka lahan dengan cara membakar serta mampu mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah desanya maka desa tersebut berhak mendapatkan reward (penghargaan) dari perusahaan sebesar Rp25 juta dalam bentuk barang ataupun bentuk lainnya sesuai dengan musyawarah desa,” ujar Nico selaku Senior Estate Manager PT LAP dan PT MP.

BACA JUGA:  Didakwa Dua Pasal, Isa Anshari Ajukan Eksepsi

Di tahun ini, ada enam desa yang yang berhasil mencegah terjadinya karhutla di wilayah desa mereka yaitu Desa Cegolak Kecamatan Nanga Tayap, Desa Pebihingan Kecamatan Pemahan, Desa Tumbang Titi, Desa Batu Tajam, Desa Pengatapan Raya dan Desa Serengkah Kecamatan Tumbang titi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ketapang Yunifar Purwanto dalam menyampaikan materi pencegahan kebakaran hutan dan lahan juga menyampaikan agar semua elemen harus terlibat dalam pencegahan dan penganggulangan kebakaran hutan dan lahan karena dampak yang ditimbulkan akibat karhutla sangat merugikan semua pihak, baik itu di bidang ekonomi, pendidikan dan juga kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi Perusahaan-Perusahaan yang mengadakan sosialisi tentang karhutla apalagi dengan adanya pembagian reward bagi Desa yang di wilayahnya tidak terjadi kebakaran, pemberian reward seperti ini harus menjadi contoh Perusahaan lain untuk menjadi motifasi bagi desa-desa yang berada di sekitar perusahaannya untuk membantu pemerintah daerah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan lahan,” ujar yunifar.

Camat Tumbang Titi Matjuni berharap program-program yang dilaksanakan oleh perusahaan PT. Lestari Abadi Perkasa dan PT. Mentari Pratama seperti program masyarakat bebas api ini tidak terhenti sampai pada tahun ini namun berkesinambungan sehingga menjadi panutan bagi perusahaan-perusahaan lain.

“Bagi desa-desa yang mendapatkan reward dari perusahaan, pemberian sertifikat reward tersebut agar dapat ditampilkan di kantor desa setempat sehingga setiap masyarakat yang datang ke kantor desa bisa melihat dan termotivasi kembali untuk hal dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang di wilayah areal desa-desa,” kata dia.

Comment

Terbaru