Bupati Martin Canangkan Dua Desa di Tumbang Titi Jadi Desa Adat Budaya

Bupati Martin Canangkan Dua Desa di Tumbang Titi Jadi Desa Adat Budaya

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang Martin Rantan meresmikan pencanangan Desa Kengkubang Tiga dan Serengkah Enam di Kecamatan Tumbang Titi sebagai Desa Adat Budaya.

Peresmian itu dilakukan Martin saat
penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ketapang di Kecamatan Tumbang Titi, Senin (27/12/2021).

“Saya atas pemerintah Kabupaten Ketapang sangat mengapresi sekali kehadiran masyarakat dalam kegiatan pencanangan Desa Budaya ini,” kata Martin Rantan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Martin sapaan akrabnya, menjelaskan kalau Desa Budaya yang dicanangkan, yakni Kengkubang Tiga terdiri dari Desa Jelayan, Desa Natai Panjang, Desa Sukadamai dan Serengkah Enam terdiri dari Desa Tanjong Maloi, Desa Batu Beransah, Desa Serengkah, Desa Serengkah Kanan, Desa Tanjung Beulang dan Desa Beringin Rayo.

Baca Juga :  Bea Cukai Ketapang Musnahkan Satu Juta Batang Rokok Ilegal Senilai Lebih dari Rp500 Juta

Selain itu, Martin juga berharap terkait penyerahan sertifikat tanah dari BPN Ketapang kepada masyarakat agar Kepala Desa segera menyalurkannya.

“Saya berpesan kepada Kepala Desa agar segera salurkan sertifikat ini jangan main titip dan tidak boleh meminta setoran saat pengambilannya,” ucapnya.

Adapun jumlas sertifikat tanah yang diserahkan yaitu : Desa Tumbang Titi sebanyak 574 bidang, Desa Nanga Kelampai sebanyak 224 bidang, Desa Titi Baru sebanyak 490 bidang, Desa Suka Damai sebanyak 168 bidang, Desa Jelayan 150 sebanyak bidang, Desa Pangkalan Paket sebanyak 148 bidang, Desa perigi sebanyak 406 bidang, Desa Batu Taham sebanyak 449 bidang, Desa Pemuatan Jaya sebanyak 294 bidang, Desa Mahawa sebanyak 259 bidang dan Desa Sengkarak sebanyak 341 bidang.

Lebih lanjut, Martin juga menyampaikan kalau persoalan penanganan Covid-19 tidak cukup hanya dengan menerapkan protokol kesehatan tanpa terdapat kekebalan kelompok

Baca Juga :  Wabup Farhan Sebut Ruas Jalan Sungai Jawi Akan Diperbaiki Tahun Ini

“Kekebalan kelompok dapat terjadi pertama yaitu jika semua semua sudah diserang virus sehingga akan terjadi kekebalan terhadap virus dan yang kedua dengan program vaksinasi,” jelasnya.

Martin juga berharap terget vaksinasi tahap satu di Kabupaten Ketapang bisa mencapai 60 persen keatas pada Desember ini.

“Kepada para Camat, Kepala Desa, Ketua RT, Dusun dan yang terlibat lainnya bisa membantu pemerintah dalam pencapaian target ini dengan jemput bola sehingga akan terjadi kekebalan kelompok.” tutupnya.

Dalam kegiatan itu juga diserahkan bantuan ungkapan kasih Natal oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang Ny. Elisabeth Betty Martin dan pembacaan Maklumat Bupati Ketapang terkait pelarangan menubak dan meracun ikan serta pembuangan sampah di aliran Sungai Pesaguan. (Adi LC)

Comment