by

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh

KalbarOnline, Sambas – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meresmikan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Kalbar di Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Senin, 27 Desember 2021.

Selaku pemegang saham pengendali Bank Kalbar, Sutarmidji meminta agar ada skema kredit untuk usaha dan pengembangan di kawasan Paloh.

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh 2

“Saya lihat kehadiran Bank Kalbar di sini, dana masyarakat (di bank) cukup besar dari pada kredit yang disalurkan. Artinya kepercayaan masyarakat lumayan besar,” katanya.

Kendati demikian, kondisi itu jika dikaitkan dengan operasional bank, menurut Midji tidak pas. Sejatinya Bank Kalbar, kata Midji, harus lebih banyak menyalurkan kredit dibandingkan uang masyarakat yang masuk.

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh 3

“Terlalu banyak uang masuk memang bagus dari sisi masyarakat kesadaran untuk menabung bagus. Akan tetapi Bank Kalbar harus mampu menyalurkan kembali menjadi kredit. Itu yang masih belum,” pesannya.

Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi menjelaskan rasio kredit di Bank Kalbar KCP Paloh memang baru mencapai 67 persen. Angka ideal, kata Rokidi, diharapkan bisa mencapai 84 persen hingga 94 persen.

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh 4

“Berangkat dari hal tersebut maka kami mau tidak mau, suka tidak suka, harus melakukan ekspansi terhadap kredit kepada masyarakat. Di antaranya dengan cara kredit konsumtif dan produktif,” katanya.

Seperti saat ini yang tengah digalakkan pemerintah yakni kredit produktif untuk UMKM. Di sektor tersebut pihaknya akan menggenjot agar dimaksimalkan. Sehingga bisa membantu masyarakat dalam hal pembiayaan untuk usaha.

“Kami akan kerjasama dengan UMKM center yang ada di kabupaten/kota. Ke depan ini akan menjadi perhatian kami secara serius karena Bank tidak melulu terkonsentrasi untuk menghimpun dana karena akan berdampak kepada pembiayaan. Maka harus kami lempar lagi dalam bentuk kredit minimal 84 hingga 94 persen itu yang ideal,” tegasnya.

BACA JUGA:  Bumi Raya Group Serahkan 20 Ton Bantuan Beras ke Pemprov Kalbar: Dukung Penanganan Covid-19

Bank Kalbar Dorong Percepatan Perekonomian Paloh 5

Dengan adanya kantor baru di Paloh, ia berharap Bank Kalbar lebih maksimal dalam melayani masyarakat. Baik dalam hal menghimpun dana, maupun memberikan pinjaman dalam bentuk kredit.

“Saya meyakini kantor cabang pembantu Bank Kalbar Paloh memiliki prospek yang besar. Karena sentra bisnis dan ekonomi sangat banyak terutama di sektor pertanian,” tandasnya.

Sementara Bupati Sambas Satono berharap dengan hadirnya Bank Kalbar di Kecamatan Paloh bisa membantu percepatan roda ekonomi masyarakat setempat.

Terlebih lagi, kata Satono, Kecamatan Paloh memiliki potensi yang komplit. Sektor perikanan, pertanian, dan pariwisata.

“Ini merupakan kecamatan yang saya lihat hiruk pikuk ekonominya bagus. Tinggal bagaimana Bank Kalbar ini menjual program atau produk termasuk uang yang dimasukan masyarakat itu tak hanya disimpan tapi juga lebih kepada bagaimana masyarakat bisa menikmati program-program ekonomi KUR dan sebagainya,” katanya.

Comment

Terbaru