by

Sutarmidji Dorong Karolin Genjot Cakupan Vaksinasi Landak

Sutarmidji Dorong Karolin Genjot Cakupan Vaksinasi Landak

KalbarOnline, Landak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mendorong agar Pemerintah Kabupaten Landak terus menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 di daerah itu dengan gencar menggelar pelayanan jemput bola. Seperti misalnya pelaksanaan vaksinasi di rumah-rumah ibadah, tempat keramaian dan sebagainya.

“Vaksinasi Covid-19 jemput bola di rumah ibadah itu lebih bagus, sama juga yang muslim. Setiap Jumat itu harusnya tetap dilaksanakan. Masjid Mujahidin juga saya minta untuk tetap melakukan vaksinasi Covid-19. Ini akan membantu untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” kata Midji usai mengunjungi posko pengamanan Natal dan Tahun Baru di Pasar Ngabang, Kabupaten Landak, Sabtu, 25 Desember 2021.

Dirinya pun mengaku tertarik atas upaya yang disampaikan Bupati Landak Karolin Margret Natasa. Di mana, di daerah-daerah tertentu yang memiliki kendala geografis diperlukan pra kondisi terlebih dahulu sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal. Sehingga ketika tenaga vaksinator didatangkan, vaksinasi Covid-19 akan berjalan lancar.

“Saya yakin capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Landak akan sesuai dengan yang diinginkan pemerintah pusat,” kata Midji.

Meski begitu, Midji juga meminta Pemerintah Pusat mempertimbangkan luas wilayah di Kalbar. Bahkan terdapat sekitar 20 persen jumlah penduduk di Kalbar yang sulit dijangkau lantaran kendala geografis.

“Wilayah kita sangat luas dan sulit untuk dijangkau. Tidak seperti daerah di Pulau Jawa itu dekat-dekat dan infrastrukturnya juga sudah bagus. Contoh misalnya Landak, Sebangki itu justru lebih dekat lewat Kubu Raya,” katanya.

Hal senada turut disampaikan Bupati Landak Karolin Margret Natasa. Pihaknya akan terus berupaya menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 di daerah itu. Di mana, sampai saat ini, cakupan vaksinasi di daerah itu sudah mencapai sekitar 60 persen.

BACA JUGA:  Pengganti Open House, Bupati Landak Karolin Gelar Konser Online

“Hingga akhir tahun kami targetkan bisa mencapai 70 persen,” kata Karolin kepada wartawan usai mendampingi Gubernur Sutarmidji mengunjungi posko pengamanan Natal dan Tahun Baru di Pasar Ngabang, Landak.

Upaya-upaya percepatan terus dilakukan yakni mendekatkan pelayanan vaksinasi ke masyarakat, agar mudah dijangkau. Di mana pihaknya saat ini mengutamakan metode jemput bola. Terlebih lagi Gubernur, kata Karolin, telah mengarahkan agar pendekatan ke masyarakat agar bersedia divaksin harus terus dilakukan.

“Kemudian kami juga mendekatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 pada perayaan Natal tahun ini. Setelah ibadah, jemaat yang belum vaksin kami sediakan tempat untuk vaksinasi Covid-19. Administrasinya cukup KTP saja, jika mereka tidak membawa dapat disusulkan,” katanya.

Selain itu, diakui Karolin, gerai-gerai vaksinasi yang digelar Polres, Armed, Kodam dan pihak terkaitnya terus berjalan. Termasuk gerai vaksinasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Landak di RSUD Landak bagi pasien rawat jalan.

“Misalnya pasien diabetes yang selama ini takut untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Tetapi pada saat di rumah sakit kondisinya fit dan dokter mengizinkan maka langsung vaksin di situ. Termasuk bagi yang mengantar pasien, menunggu pasien kami sediakan juga gerai vaksinasi Covid-19 di RSUD Landak,” kata Karolin.

Kedepan pihaknya akan terus menggelar vaksinasi Covid-19 di tempat-tempat keramaian di malam hari. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang kemungkinan terhalang untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di siang hari lantaran bekerja.

“Pokoknya kami berusaha semaksimal mungkin, mohon doa dan dukungannya terutama bagi masyarakat Landak,” tutupnya.

Comment

Terbaru