Wabup Wahyudi Serahkan Penghargaan Mendikbudristek untuk Dusun Sungai Utik

Wabup Wahyudi Serahkan Penghargaan Mendikbudristek untuk Dusun Sungai Utik

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyerahkan penghargaan bidang kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan masyarakat adat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk Dusun Sungai Utik tahun 2021.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat serta perwakilan Kemendikbud Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Wabup Wahyudi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sangat menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Beredar Kabar Anggota Polres Kapuas Hulu Ditangkap Karena Kasus Narkoba

“Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menyambut baik terselenggaranya kegiatan penyerahan anugerah penghargaan dari Kemendikbud Riset dan Teknologi RI bidang kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat adat,” kata Wabup.

Hal ini, kata Wabup, berawal saat diundangnya Bandi (Apai Janggut) dalam acara UNDP (United Nations Development Programme) dalam pekan sidang umum PBB ke-74 di New York untuk menerima penghargaan Equator Prize yang diberikan kepada Komunitas Masyarakat Adat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik pada tanggal 29 September 2019 di Amerika Serikat.

“Juga menerima penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2020 yang lalu,” kata Wabup.

Baca Juga :  Legislatif Setujui Tiga Raperda Usulan Pemkab Kapuas Hulu Jadi Perda

Wabup Wahyudi pun mengapresiasi masyarakat adat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik yang bisa melestarikan alamnya tetap terjaga.

“Kami sangat bangga atas kesuksesan Masyarakat Adat Dayak Iban di Dusun Sungai Utik karena sudah menjaga ribuan hektar hutan dan pelestarian lingkungan hidup tempat mereka tinggal dari perambahan hutan ilegal, industri kelapa sawit, dan kepentingan-kepentingan lain dari korporasi lainnya, yang berdampak pada keberlangsungan keanekaragaman makhluk hidup yang berkelanjutan,” tutupnya.

Comment