by

Aparat Gabungan Siap Amankan Nataru di Singkawang

Aparat Gabungan Siap Amankan Nataru di Singkawang

KalbarOnline, Singkawang – Polres Singkawang menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas tahun 2021 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (23/12/2021).

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo bertindak selaku inspektur apel mengatakan dalam operasi lilin ini petugas tidak boleh lengah dan abai dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemic Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyeran Covid-19,” ujarnya.

Berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi seperti ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum.

“Aksi kriminalitas seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampong, balap liar, kemacetan atau kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan,” ujar Kapolres.

Kapolres menuturkan beberapa penekanan untuk dipedomani pasukan sehingga mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pada Operasi Lilin tahun 2021 di Kota Singkawang. Ia berharap agar seluruh personel dan stakeholder yang terlibat dalam menciptakan keberhasilan operasi ini selalu berada dalam perlindungan Tuhan yang Maha Esa.

“Sekecil apapupn peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hodupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ria Norsan Sebut Gerakan Kepramukaan Sebagai Pilar Pendidikan Kaum Muda Indonesia

Apel gelar pasukan operasi lilin Kapuas ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Singkawang AKP Andy Syahroni mengatakan untuk pengamanan Nataru Polres Singkawang mengerahkan dua per tiga kekuatan dibantu dengan polsek jajaran.

Selain itu, dalam pengamanan nanti pihaknya membangun empat pos pengamanan dan pelayanan dalam operasi lilin Kapuas tahun 2021.

“Keempat lokasi tersebut yakni Pos Pam Paviliun, Pos Yan Singkawang Grand Mall, Pos Pam Pasir Panjang dan Pos Yan Taman Cinta Singkawang Timur,” katanya.

“Sedangkan titik gereja yang akan dilakukan pengamanan yakni pengamanan statis 44 gereja dan pengamanan mobile 67 gereja,” tambahnya.

Untuk rencana pengamanan di objek wisata yang tekah dilakukan pemetaan sebagai pengamanan statis yaitu Bajau, Palm Beach, Pasir Panjang, Taman Cinta dan Pantai Gratis. Sedangkan pengamanan mobile yakni Taman Teratai, Water Front, Rindu Alam, Bougenville dan Taman Mangrove.

“Polres Singkawang juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan saat pergantian Tahun Baru 2022,” ujarnya. (MC Singkawang)

Comment