Categories: HeadlinesPontianak

Sosok Ibu Bagi Sutarmidji

Sosok Ibu Bagi Sutarmidji

Selamat Hari Ibu

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji turut merayakan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember. Perayaan ini membuat Sutarmidji mengenang sang ibunda.

Midji mengatakan, ibunya merupakan sosok yang disiplin. Kedisiplinan itu membuat ibunya bisa membesarkan sembilan anak dengan baik.

“Saya dibesarkan oleh seorang ibu yang disiplin. Ibu saya bukan orang yang berpendidikan tinggi, tapi belum tentu kalah dengan yang pendidikannya tinggi. Karena otaknya selalu digunakan untuk terus berpikir untuk ada perubahan dan perbaikan,” kata Midji saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Ibu ke-93 yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kalbar di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu, 22 Desember 2021.

Bahkan, kata Midji, salah meletakan gelas di meja bisa menjadi kritikan sang ibu.

“Tak enak dipandang ini bisa jadi kritikan beliau. Cerewet tidak. Tapi pakem ini adalah salah satu insting yang ada di nurani seorang ibu. Harus. Kalau seorang ibu sudah tak peduli tentang itu, maka kelembutan kadang dalam perjalanan kehidupan ini bisa hilang dari diri kita,” kata Midji.

Untuk itu, Midji berharap para perempuan di dalam kelembutannya, ada ketegasan, ada ketegaran, dan ada inspirasi.

Gubernur Kalbar Sutarmidji memberikan bunga kepada Ketua PKK Kalbar Lismaryani Sutarmidji (Foto: Biro Adpim Provinsi Kalbar)

“Saya ingin semangat dari ibu-ibu, baik sebagai Kepala OPD maupun istri Kepala OPD. Ini tantangan bagi kita. Maju kita, buat kenangan ketika kita memimpin,” kata Midji.

Midji pun tak menyoalkan keterisian posisi jabatan di lingkungan Pemerintahan diduduki seorang perempuan, baik eselon dua, tiga dan empat. Sebab menurutnya, kesetaraan gender sudah final. Bahkan, kata Midji, sudah pernah seorang perempuan menjadi Presiden. Banyak perempuan menjadi Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

“Kepala Dinas, saya dari Wali Kota sampai sekarang saya bicara tentang kemampuan. Bukan bicara tentang gendernya. Tapi tentang kemampuannya. Di Pontianak itu bahkan pernah jabatan pejabat itu lebih banyak perempuannya dari pada laki-lakinya. Karena memang mereka punya kemampuan, dan mereka lolos seleksi, punya pemikiran yang baik,” kata Midji.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga mendorong agar setiap ibu di Kalbar dapat menginspirasi orang-orang terdekat mulai dari suami, anak, keluarga, hingga masyarakat sekitarnya.

“Jadi seorang perempuan yang inovatif, kreatif dan menjadi inspirator dalam perkembangan segala hal. Menjadi tangguh, maju dan bisa jadi pengubah sesuatu menjadi lebih baik,” kata Midji.

Untuk itu Midji berharap, Dinas PPPA Kalbar ke depannya untuk menggelar peringatan Hari Ibu yang bisa menghadirkan sebuah inovasi dan menghadirkan perempuan-perempuan hebat di Kalbar.

“Banyak di sini. Ada satu seorang ibu, dia masuk pelatihan inkubator bisnis, sekarang sudah punya empat perusahaan. Bayangkan, dia seorang ibu rumah tangga, ngurusi anak, ngurusi suami, tapi bisa berhasil. Saya perhatikan perjalanan dia,” kata Midji.

“Ada juga seorang pengusaha, usahanya maju, ternyata di belakangnya itu ada seorang ibu yang menyemangati dia dan sebagainya. Bukan berarti kita sosok bapak dinomorduakan, tidak begitu. Tapi percaya, tidak mengurangi peran seorang bapak, perhatian seorang ibu dalam perkembangan karir dan keberhasilan anaknya, itu jauh lebih besar,” katanya lagi.

“Selamat Hari Ibu, peran ibu untuk keberhasilan anaknya tak pernah akan tergantikan oleh siapapun dan kapanpun bahkan akan terus ada dan dikenang hingga akhir dunia,” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas PPPA Natalia Karyawati menjelaskan bahwa Puncak Peringatan Hari Ibu ke-93 di Kalbar ini dirangkai dengan acara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Sebelum puncak peringatan, kita sudah gelar sejumlah rangkaian kegiatan di antaranya memberikan motivasi kepada perempuan di Lapas Perempuan, perempuan inspirasi di bidang UMKM. Kita kolaborasikan dengan organisasi-organisasi perempuan dan sebagainya,” katanya.

Di momentum Hari Ibu ke-93 ini, pihaknya berkomitmen untuk terus mensosialisasikan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan bagaimana perempuan terlibat aktif dalam pencegahan Covid-19.

Natalia pun mengamini pesan Gubernur agar Dinas PPPA terus berkolaborasi dan sinergi dengan organisasi-organisasi perempuan dan menciptakan inovasi pemberdayaan perempuan.

boskalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
boskalbaronline

Recent Posts

Pj Bupati Kamaruzaman dan Sekda Yusran Antusias Saksikan Semifinal Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala…

3 hours ago

Optimalkan Pelayanan, Kamaruzaman Teken Kerja Sama dengan Enam Instansi Sekaligus

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menandatangani kesepakatan bersama dan…

3 hours ago

Warga Padati Halaman Polresta Pontianak, Nobar Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Ribuan warga Kota Pontianak memadati halaman Polresta Pontianak untuk nonton bareng (nobar)…

10 hours ago

Ribuan Penari Meriahkan Kalbar Menari 2024 di Pendopo Gubernur

KalbarOnline, Pontianak - “Serentak Menari, Bergerak Bahagiakan Bumi” menjadi tema yang diambil dalam peringatan Hari…

10 hours ago

1.085 Atlet Pelajar Siap Berlaga di Popda Kota Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 1.085 atlet pelajar SMP dan SMA se-Kota Pontianak siap berlaga pada…

10 hours ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KalbarOnline.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

11 hours ago