Martin Rantan: Perkebunan Sawit Jadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Martin Rantan: Perkebunan Sawit Jadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang Martin Rantan meminta agar Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian terkait ditetapkannya HCS dan HCV dilahan konsesi milik Citra Sawit Cemerlang.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri paparan kajian High Carbon Stock (HCS) tim peneliti dari Fakultas Kehutanan IPB yang berlangsung di ruang rapat utama kantor bupati Ketapang, Kamis (16/12/2021).

High Conservation Value (HCV) sendiri ialah sesuatu yang bernilai konservasi tinggi pada tingkat lokal, regional atau global yang meliputi nilai-nilai ekologi, jasa lingkungan, sosial dan budaya.

Baca Juga :  Pengurus DPD Partai Golkar Ketapang 2021-2025 Resmi Dilantik

Martin Rantan menyebut kalau HPL pada lahan konsesi tersebut merupakan lahan milik masyarakat yang di dalamnya terdapat tanaman perkebunan semisal karet dan sebagainya, dan ini tentunya menjadi persoalan.

Oleh sebab itu, sebagai pimpinan daerah, dirinya merasa berkewajiban menyelesaikan persoalan lahan dimaksud dan selanjutnya memberi dampak pada kemajuan desa dan peningkatan perekonomian masyarakat desa setempat.

“Ini tentunya menjadi persoalan pemerintah daerah karena masyarakat yang berada di dalam konsesi ini  berharap adanya kerjasama kemitraan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Martin berharap lahan milik masyarakat ini bisa dibangun, melalui komitmen plasma dan sebagainya.

Baca Juga :  DPRD Ketapang Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Masa Sidang Pertama

“Kita senang melihat masyarakat yang desanya maju dan ada pertumbuhan perekonomian sehingga kehadiran dunia usaha perkebunan ini punya daya ungkit untuk untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” tandasnya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Asisten sekda bidang perekonomian dan pembangunan Syamsul Islami, Perangkat Daerah terkait, Tim Peneliti dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kalimantan Barat, Camat Sandai, Kepala Desa Demit Randau Jungkal Riam Dadap Sekukun, Tim 9 Desa Demit, Pimpinan PT. Citra Sawit Cemerlang, LP POM dan lainnya. (Adi LC)

Comment