Sintang Sukses Jadi Tuan Rumah MTQ XXIX Kalbar

Sintang Sukses Jadi Tuan Rumah MTQ XXIX Kalbar

KalbarOnline, Sintang – Kabupaten Sintang dinilai sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021. Tak hanya sukses sebagai tuan rumah, kafilah utusan Sintang juga berhasil masuk dalam lima besar, menempati peringkat keempat dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.

Pada pembukaannya, MTQ XXIX Kalbar di Sintang dimeriahkan dengan pertunjukan tarian kolosal spektakuler. Memukau ribuan penonton yang menyaksikan penampilan tarian kolosal Gema Senandung Kitabullah yang dibawakan oleh 250 penari yang dibalut dengan multimedia, musik dan pencahayaan berdurasi 36 menit.

Pada acara penutupannya, MTQ XXIX Kalbar di Sintang tambah semarak dengan pertunjukan tari kolosal Terempoh. 150 penari menari tarian Melayu dengan properti tikar dan manggar sebagai simbol budaya silaturahmi di Bumi Senentang yang menggambarkan kehidupan saling berbagi antar sesama. Sesuai dengan tema tarian, acara penutupan diakhiri dengan sebuah lagu berjudul Terempoh, karya Abdu Fatah Hudari.

Kerja keras panitia terbayar tuntas saat kafilah dari dari14 kabupaten/kota se-Kalbar merasa aman dan nyaman selama mengikuti perlombaan, baik dari segi transportasi, akomodasi, konsumsi, perlengkapan, sampai dengan kesehatan. Kabupaten Sintang, membuktikan mampu menjadi tuan rumah yang baik selama MTQ tingkat Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Seluruh Delegasi BIMP-EAGA Dapat Hampers Eksklusif

Bupati Sintang Jarot Winarno selaku tuan rumah menyampaikan permohonan maaf jika ada pelayanan yang kurang berkenan selama MTQ XXIX berlangsung di Kabupaten Sintang selama kurang lebih tujuh hari. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar dan panitia daerah.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada dewan hakim yang telah menjamin pelaksanaan MTQ yang transparan, adil dan berkualitas. Terima kasih kepada seluruh peserta dan pelatih yang telah membuat MTQ berkualitas dan bermartabat. Terima kasih kepada LPTQ Provinsi Kalimantan Barat dan panitia daerah yang telah bekerja optimal sehingga pelaksanaan MTQ berjalan lancar.  Terima kasih kepada bapak Wakil Gubernur Kalimantan Barat, yang berkenan hadir untuk menutup secara resmi pelaksanaan MTQ di Kabupaten Sintang,” kata Bupati Jarot.

Sementara Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalimantan Barat Brigjen Pol (Purn) Andi Musa atas nama pengurus LPTQ Provinsi Kalbar menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan penyelenggaran MTQ XXIX Kalbar di Kabupaten Sintang.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji: Hadirkan Suasana Berbeda, Ngopi Sembari Menikmati Alam

“Kami menyadari dalam pelaksanaan MTQ ini tentu masih banyak kekurangan baik disengaja maupun tidak sehingga menimbulkan rasa kecewa dan kurang puas di hati, dengan kerendahan hati saya, atas nama seluruh pengurus LPTQ menyampaikan permohonan maaf,” katanya.

Sementara Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para panitia, dewan hakim, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sintang, serta semua pihak yang mendukung MTQ XXIX Kalbar sehingga berjalan lancar sukses dari awal sampai penutupan.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempelajari,memahami dan mencintai kitab suci Alquran. Hari penutupan ini merupakan momentum bagi kita untuk saling menghilangkan aroma persaingan dan Kembali kepada jati diri kita, sebagai insan qurani yang sangat menjunjung tinggi ukhuwah dan persaudaraan,” kata Norsan.

Turut hadir Bupati/Wali Kota se-Kalbar, Ketua LPTQ kabupaten/kota se-Kalbar, dan para tamu undangan lainnya.

Comment