Polres Ketapang Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Cegah Potensi Masuknya Varian Omicron

Polres Ketapang Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Cegah Potensi Masuknya Varian Omicron

KalbarOnline, Ketapang – Kepolisan Resort (Polres) Ketapang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk membahas antisipasi potensi lonjakan Covid-19 varian Omicron menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) di aula Mapolres Ketapang, Jumat (17/12/2021).

Rapat itu juga turut dihadiri oleh Pejabat Pemda Ketapang, Kodim 1203 Ketapang, BNPB Ketapang, Dinas Kesehatan dinas perhubungan, serta Instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana melalui Kabag Ops Polres Ketapang AKP Yafet Efraim Patabang mengatakan, sebagaimana instruksi dari Presiden Joko Widodo, koordinasi antar instansi sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 untuk tetap mempertahankan tren positif laju pertumbuhan Covid-19 yang saat ini sudah dapat dikendalikan dengan baik. Sehingga, saat memasuki libur Nataru, tidak mengalami lonjakan.

“Seperti perintah Bapak Presiden, persiapan menghadapi kemungkinan laju pertumbuhan Covid-19 saat Nataru khususnya di wilayah Kabupaten Ketapang harus terus ditingkatkan melalui langkah-langkah koordinasi bersama dengan semua instansi terkait yang ada di Kabupaten Ketapang ini,” kata Yafet.

Baca Juga :  Yudiono Meregang Nyawa di Lokalisasi “Kolam”

Yafet menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan lokasi pelayanan vaksinasi manakala ada masyarakat yang belum vaksin sebagai langkah konkrit mempercepat vaksinasi di tengah masyarakat dengan target 70 persen warga Ketapang sudah mendapatkan vaksin sampai bulan Desember ini.

“Juga sudah disiapkan pos karantina apabila dalam pelaksanaan swab dinyatakan reaktif dan aplikasi PeduliLindungi warna hitam agar dilaksanakan karantina sementara,” ujarnya.

Polres Ketapang juga sudah membentuk pos untuk checkpoint guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yaitu di perbatasan wilayah Ketapang-Kayong Utara, tepatnya di Pos Dinas Perhubungan Desa Satong, Pos di Kecamatan Sandai, Kecamatan Nanga Tayap, di Bandara Rahadi Usman, serta di Pelabuhan Sukabangun guna mencegah masuknya varian baru Covid-19.

Baca Juga :  Bupati Martin Rantan Minta Pejabat Struktural Dukung 10 Proyek Strategis Ketapang

Sementara Asisten Sekda Ketapang Heronimus Tanam mengatakan, Forkopimda Ketapang serius dalam menangani permasalahan Covid-19 di Kabupaten Ketapang. Berbagai upaya bersama pihak terkait dalam pencegahan seperti giat yustisi penegakan prokes serta kegiatan vaksinasi terus dilakukan dan juga dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terus dilakukan pendekatan ke tokoh-tokoh agama untuk membantu membangun kesadaran masyarakat.

“Apa yang telah kita bahas bersama dalam rapat ini, patutnya untuk segera diimplementasikan dan saya sangat apresiasi Polres Ketapang dan pihak lainnya yang sudah berjibaku di lapangan dalam menggelar vaksinasi, melaksanakan penertiban prokes melalui operasi yustisi serta upaya lainnya, semoga usaha kita bersama ini dapat berdampak terhadap peningkatan kekebalan komunitas serta peningkatan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutup Tanam.

Comment