Dit Samapta Polda Kalbar Gelar Asistensi Dalmas di Polres Sekadau

Dit Samapta Polda Kalbar Gelar Asistensi Dalmas di Polres Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Direktorat Samapta Polda Kalbar mengadakan asistensi Dalmas (pengendalian massa) ke wilayah Polres jajaran termasuk diantaranya Polres Sekadau, Kamis 16 Desember 2021.

Tim asistensi diketuai KBO Dit Samapta Polda Kalbar AKBP Budi Prasojo. Salah satu materi yang disampaikan tentang fungsi dan tujuan Dalmas yang mengacu pada Perkap nomor 16 tahun 2006 tentang pengendalian massa.

Dalam Perkap tersebut, dijelaskan bahwa Dalmas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa demonstran atau pengunjuk rasa sesuai standar operasional prosedur.

Baca Juga :  Pengamanan Rapat Penetapan Paslon Pilkada, Polres Sekadau Kedepankan Protokol Kesehatan

Kemudian disampaikan pula tentang ketentuan mengenai kendali teknis dan taktis Dalmas dalam menghadapi gangguan kamtibmas yang membutuhkan upaya penanganan lebih lanjut.

Kapolres Sekadau melalui Kasat Samapta AKP Benyamin Damanik mengungkapkan, latihan Dalmas sebagai bentuk kesiapan fisik dan mental dalam mengatasi potensi konflik yang bisa terjadi kapan saja.

“Latihan Dalmas rutin kami gelar untuk  mengasah kemampuan dan kesiapan personel dalam penanganan unjuk rasa agar tidak berkembang dan menjurus anarkhis,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kapolres Sekadau Pimpin Gelar Pasukan Ops Zebra Kapuas 2021

Dalam peragaan Dalmas tersebut, materi yang disampaikan oleh Dit Samapta Polda Kalbar meliputi peragaaan dan pergantian formasi dari Dalmas awal menuju Dalmas lanjut sesuai dengan eskalasi keamanan.

Melalui asistensi tersebut, materi maupun gerakan Dalmas diharapkan bisa diterapkan dengan baik oleh personel saat menghadapi aksi demonstrasi serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

Comment