Sekda Ketapang Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Nataru di Kalbar

Sekda Ketapang Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Nataru di Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral terkait pengamanan saat pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru (Nataru) di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Kapuas Palace itu dihadiri Kapolda Kalbar Irjen (Pol) R Sigid Tri Hardjanto, Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalbar Masyhudi dan seluruh Bupati/Walikota serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait lainnya.

Mewakili Bupati Ketapang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana dan Kasat Pol PP Ketapang Muslimin juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Pedagang Pasar Haji Bujang Hamdi Tolak Direlokasi

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, awalnya PPKM Level 3 akan diberlakukan selama masa Nataru, tetapi ketetapan tersebut dibatalkan karena ada beberapa pertimbangan dari pemerintah pusat.

“Saya harap masyarakat Kalbar jangan menyalahartikan pembatalan pemberlakuan PPKM tersebut sehingga kemudian masyarakat tidak tahu batasan,” ujarnya.

“Pembatasan akan tetap ada, tetapi bukan pembatasan gerak, melainkan pembatasan guna menghindari kerumunan dalam skala besar,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan bahwa pembatasan akan ditentukan dalam mengantisipasi terjadinya kerumunan, seperti di tempat umum maupun pusat perbelanjaan.

Baca Juga :  Babinsa Kodim 1203 Ketapang Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-Rakyat

“Seperti mall dan kegiatan rapat lainnya kapasitasnya hanya diperbolehkan 75 persen. Insya Allah, semua akan dibuat nyaman dan tetap sehat bagi masyarakat yang merayakan Nataru, sehingga tidak memancing terjadinya kerumunan yang dapat meningkatkan penularan Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol. Dr. Sigid Tri Hardjianto mengingatkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan perayaan Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 harus berjalan dengan tertib dan aman.

“Semua stakeholder harus bisa bersinergi untuk mempersiapkan pelaksanaan Nataru, kita optimis mudah-mudahan perayaan Nataru bisa berjalan aman dan tentunya sehat,” tutup Kapolda Kalbar. (Adi LC)

Comment