Ketapang Ikuti MTQ XXIX Kalbar di Sintang

Ketapang Ikuti MTQ XXIX Kalbar di Sintang

KalbarOnline, Sintang – Bupati Ketapang diwakili Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Radiansyah menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang yang dibuka oleh Gubernur Sutarmidji di Stadion Baning Sintang, Sabtu malam, 11 Desember 2021.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan bahwa Kalbar dulunya merupakan kiblat para Qori-Qoriah, Hafidz-Hafidzah, dan sebagainya.

“Era keemasan itu harus dicapai kembali untuk itu MTQ tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi harus terus digiatkan dan dilaksanakan” ujarnya.

Gubernur juga berharap besar kepada para Dewan Hakim sebagai pihak yang dinilainya paling tahu titik kelemahan para peserta MTQ XXIX Kalbar.

“Kelemahan itu bisa dijadikan catatan untuk perbaikan kedepan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi kita dalam mempersiapkan para kontingen Kalbar di arena MTQ atau STQ tingkat nasional,” ujarnya.

Selain itu Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wali Kota se-Kalbar yang hadir pada pembukaan MTQ XXIX Kalbar malam ini.

Menurutnya kehadiran bersama Bupati dan Wali Kota se-Kalbar adalah bukti nyata kebersamaan dan empati atas banjir dialami Sintang maupun sejumlah Kabupaten lainnya.

Baca Juga :  Pemda Ketapang Akan Tetap Relokasi Pedagang Pasar H Sani ke Rangge Sentap

“Saya berharap kebersamaan kita sebagai warga Kalbar terus terjalin tanpa memandang agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Dengan kebersamaan itu saya yakin kita bisa membawa Kalbar sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya, walaupun dengan keterbatasan,” tuntasnya.

Pembukaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalimanta Barat ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Sutarmidji, Bupati Sintang, Ketua LPTQ Kalbar, serta pemukulan tar oleh Bupati/Wali Kota se-Kalbar.

Pembukaan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan drumband dan defile kafilah serta penampilan tarian kolosal multi etnis berjudul Senandung Kitabullah di Bumi Senentang, juga menampilkan Juara Nasional STQ dan MTQ asal Kalbar Malikah Khaira Khalqillah.

Untuk diketahui, MTQ XXIX Kalbar ini nantinya akan dilaksanakan di beberapa tempat yaitu Panggung Utama di Stadion Baning, Masjid Al Amin, Masjid Agung An Nur, Masjid Miftahul Jannah, Masjid Jami Sultan Nata Sintang, Rumah Adat Melayu dan MTsN 1 Sintang. Adapun jumlah peserta dan pendamping yang terdaftar sebanyak 600 orang dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

Baca Juga :  Jokowi Perintahkan KLHK dan Korporasi Besar Lakukan Persemaian

Adapun Cabang yang diikuti Kafilah Kabupaten Ketapang pada MTQ XXIX Kalbar di Kabupaten Sintang di antaranya Tilawah Tartil dua Kafilah, Tilawah Anak-Anak dua Kafilah, Tilawah Remaja dua Kafilah, Tilawah Dewasa dua Kafilah, Tilawah Qira’at Saba’ah Mujawwad Dewasa dua Kafilah, Tilawah Qira’at Saba’ah Murratal Dewasa dua Kafilah, dan Tilawah Qira’at Saba’ah Murratal Remaja dua Kafilah.

Kemudian Tilawah Tuna Netra dua Kafilah, Tilawah Usia Emas dua Kafilah, MHQ 1 Juz dan Tilawah dua Kafilah, MHQ 5 Juz dan Tilawah dua Kafilah, MHQ 10 Juz dua Kafilah, MHQ 20 Juz dua Kafilah, MHQ 30 Juz dua Kafilah, Tafsir Bahasa Indonesia satu Kafilah, MSQ Syahril Qur’an enam Kafilah, MSQ Naskah dua Kafilah, MSQ Hiasan Mushaf dua Kafilah, MKQ Dekorasi dua Kafilah, MKQ Kontemporer satu Kafilah, MHN 100 Hadist dengan Sanad dua Kafilah, MHN 500 Hadist dua Kafilah dan MFQ/CCQ Fahmil Qur’an enam Kafilah.

Comment