by

Bupati Jarot Tegaskan Sintang Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik

Bupati Jarot Tegaskan Sintang Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik

MTQ XXIX Kalbar resmi dibuka

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah kabupaten/kota se-Kalbar dan para tamu dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 di Kabupaten Sintang. Bupati menegaskan bahwa pihaknya siap menjadi tuan rumah yang baik sebagai penyelenggara MTQ XXIX Kalbar.

“Selaku tuan rumah kami ucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah kabupaten/kota se-Kalbar serta tamu dan hadirin semua di Sintang. Kabupaten Sintang siap jadi tuan rumah yang baik sebagai penyelenggara MTQ XXIX Kalbar,” kata Bupati Jarot saat memberikan sambutannya pada pembukaan MTQ XXIX Kalbar, Sabtu malam, 11 Desember 2021.

Bupati Jarot turut mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Ketua LPTQ Kalbar yang telah menunjuk Sintang sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ XXIX Kalbar.

“Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaannya,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati turut mengingatkan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ XXIX Kalbar untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah. Mengingat, pandemi Covid-19 yang melanda masih belum berakhir.

“Saya ajak semua pihak untuk tetap disiplin protokol kesehatan agar even MTQ ini tidak menjadi penyebab baru penyebaran Covid-19,” pesannya.

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar Syahrul Yadi berharap agar MTQ Kalbar kali ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik dari Kalbar.

“Apa yang kita gelar malam hari ini, sesungguhnya adalah roh dan jiwanya yang dispriti oleh Alquran itu sendiri. Sesuai dengan firman Allah, hiasilah Alquran dengan suara merdumu. Itu adalah rekomendasi Allah dalam Alquran,” katanya.

BACA JUGA:  Tinjau Progres Pembangunan Bandara Tebelian, Bupati Jarot Targetkan Akhir Maret Sudah Operasi

Syahrul mengajak umat muslim untuk senantiasa berlomba menghafal quran. Sehingga Alquran bukan hanya sebagai bacaan dan tulisan, namun juga masuk ke relung hati sebagai umat muslim.

“Ketika Quran dimaknakan sebagai kitab amaliyah, maka mari kita lomba untuk mengamalkan semua ayat Alquran di dalam kehidupan kita dalam rangka menyelamatkan hidup kita di dunia dan akhirat,” ajaknya.

Dia juga mengajak agar umat muslim untuk menjadikan Alquran sebagai gaya hidup, jalan hidup, dan kebutuhan hidup dalam rangka menjalani hidup agar selamat di dunia dan akhirat.

“Maka masing-masing pribadi kita, keluarga kita, lembaga yang memimpin lembaga pengembangan harus berkontribusi kepada Alquran,” katanya.

Untuk itu dirinya mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk menyemarakan dan menyukseskan pelaksanaan MTQ XXIX Kalbar di Kabupaten Sintang.

“Melalui pelaksanaan MTQ ini semoga terbangun syiar dan nilai-nilai Islam yang rahmat, damai menuju masyarakat Islam Kalbar yang sholeh, moderat, rukun dan berkepribadian dengan semangat gotong royong,” tutupnya.

Sementara Gubernur Kalbar Sutarmidji yang membuka MTQ tersebut mengapresiasi semangat Pemerintah Kabupaten Sintang dan masyarakatnya sebagai tuan rumah.

“Bupati Sintang Pak Jarot Winarno yang begitu semangat mempersiapkan sukses dari pelaksanaan MTQ XXIX Kalbar ini,” ucapnya.

Walaupun, kata dia, Sintang baru saja diberikan ujian dari Allah, yakni direndam banjir sebulan lamanya.

“Mudah-mudahan dengan MTQ kali ini menjadi momentum bagi bangkitnya dalam segala bidang bagi masyarakat Sintang. Mari kita bersama-sama kembali menata kehidupan setelah cobaan yang kita hadapi,” katanya.

Midji pun turut mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wali Kota se-Kalbar yang hadir pada pembukaan MTQ XXIX Kalbar malam ini. Menurut Midji, kehadirannya bersama Bupati dan Wali Kota se-Kalbar adalah bukti nyata kebersamaan dan empati atas banjir dialami Sintang maupun sejumlah kabupaten lainnya.

BACA JUGA:  Resmikan Laboratorium Komputer UNBK di SMPN 1, Bupati Jarot Pesankan Hal Penting Untuk Murid dan Guru

“Saya berharap kebersamaan kita sebagai warga Kalbar terus terjalin tanpa memandang agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Dengan kebersamaan itu saya yakin kita bisa membawa Kalbar sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya, walaupun dengan keterbatasan,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula Midji memuji keistimewaan Kabupaten Sintang dengan Bukit Kelam yang dimilikinya. Menurut Midji, keberadaan Bukit Kelam sangat mendunia. Sehingga warga Sintang menurut Midji, patut berbangga diri.

“Konon menurut Pak Bupati, hanya ada tiga bukit batu seperti Bukit Kelam yaitu di Kabupaten Sintang sendiri, di Australia dan Mauritius yang di tempat lain tak ada. Hanya ada tiga daerah itu. Jadi berbanggalah orang Sintang dengan Bukit Kelam-nya,” katanya.

Midji turut menceritakan saat dirinya mendampingi Presiden Jokowi mencanangkan penanaman kembali di lokasi bekas tambang di Kabupaten Sintang.

“Dari diskusi di lapangan dengan beliau (Presiden Jokowi), beliau sangat tertarik dengan wilayah itu. Sangat indah. Kalau saja bisa dihijaukan, maka itu akan jadi destinasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Untuk itu saya ajak masyarakat Sintang ayo kita sukseskan apa yang sudah dicanangkan Bapak Presiden untuk melakukan penghijauan di Kalbar ini, salah satunya di lokasi yang kemaren beliau canangkan,” tutupnya.

Pembukaan MTQ XXIX Kalbar ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Sutarmidji, Bupati Jarot, Ketua LPTQ Kalbar Andi Musa, serta pemukulan tar oleh Bupati/Wali Kota se-Kalbar. Pembukaan tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan drumband dan defile kafilah serta penampilan tarian kolosal multi etnis berjudul Senandung Kitabullah di Bumi Senentang yang dapat disaksikan pula melalui siaran langsung di Channel Youtube MTQ XXIX Kalbar. Selain itu juga menampilkan Juara Nasional STQ dan MTQ asal Kalbar Malikah Khaira Khalqillah.

BACA JUGA:  Pesan Sutarmidji Untuk PPP Kalbar

Diketahui, ajang pemuliaan Quran yang berlangsung sejak 11-17 Desember ini nantinya akan dilaksanakan di beberapa tempat. Panggung Utama di Stadion Baning, Masjid Al Amin, Masjid Agung An Nur, Masjid Miftahul Jannah, Masjid Jami Sultan Nata Sintang, Rumah Adat Melayu dan MTsN 1 Sintang. Adapun jumlah peserta dan pendamping yang terdaftar sebanyak 600 orang dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

Mulai Jumat pagi, 10 Desember 2021, kafilah mulai berdatangan ke Kota Sintang. Begitu juga dewan hakim. Panitia menyiapkan hotel sebagai tempat penginapan mereka. Rangkaian kegiatan MTQ diawali dengan pelantikan dewan hakim pada Jumat malam.

Turut hadir Ketua LPTQ Kalbar, Bupati/Wali Kota se-Kalbar, Forkopimda Kalbar dan para tamu undangan lainnya.

Comment

Terbaru