Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Pengendali Banjir di Kampung Ladang Sintang

Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Pengendali Banjir di Kampung Ladang Sintang

KalbarOnline, Sintang – Setelah meresmikan Bandara Tebelian Sintang, Presiden Joko Widodo langsung bertolak ke Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir.

Iring-iringan Presiden dan rombongan dengan pengawalan ketat disambut antusias warga setempat.

Dikutip dari Instagramnya, selain meresmikan Bandara Tebelian Sintang, Presiden Jokowi juga akan meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir dan menyerahkan bantuan untuk korban banjir Sintang.

“Di Sintang, saya juga akan meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir, lalu menanam pohon bersama masyarakat di satu kawasan Daerah Aliran Sungai,” katanya.

Dalam peninjauannya, Presiden tampak didampingi Gubernur Sutarmidji, Menteri PUPR, dan lainnya.

Sebelum bertolak ke Kampung Ladang, Presiden terlebih dulu meresmikan Bandara Tebelian Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar, Rabu, 8 Desember 2021.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Bandara Tebelian Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, pagi hari ini Saya resmikan,” ucap Presiden.

Baca Juga :  Dorong ISMI Bibit Pengusaha Muslim, Ma’ruf Amin: Jangan Sampai Jadi Pengusaha Stunting

Dalam sambutannya, Presiden mengucap syukur pembangunan bandara yang menelan anggaran total Rp518 miliar itu telah selesai dibangunkan dan dapat dimanfaatkan.

“Alhamdulillah Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan. Bandara ini akan mampu melayani penumpang 75 ribu penumpang pertahun,” katanya.

Keberadaan Bandara Tebelian, kata Presiden, sangat penting guna melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai. Terlebih lagi di era kompetisi antar negara yang semakin sengit saat ini, sehingga perlu adanya percepatan-percepatan.

“Kita memang harus bergerak dengan lebih cepat. Oleh sebab itu kelancaran konektivitas adalah kunci dan kita harus mampu membuat konektivitas antar provinsi, antar daerah, antar kabupaten semakin mudah, lancar, dan terjangkau oleh masyarakat. Sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah,” kata Presiden.

Presiden juga mengucap syukur angka investasi di luar Jawa pada tahun ini mengalami peningkatan yang baik. Bahkan lehih tinggi dibandingkan Jawa. Menurutnya, peningkatan investasi di luar Jawa tak lepas dari upaya Pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air. Hal itu menurut Jokowi sebagai wujud nyata Indonesia sentris yang dicanangkannya.

Baca Juga :  Pimpin Upacara HUT RI ke-74, Sutarmidji : Hargai Perjuangan Para Pejuang

“Kita membangun infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa tetapi Indonesia sentris. Karena kita percaya daerah-daerah luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur konektivitas dan transportasi yang memadai,” kata Jokowi.

Dengan demikian, lanjut Presiden, produksi akan semakin meningkat. Demikian halnya dengan distribusi yang akan semakin lancar menjangkau pasar yang semakin besar dan semakin luas.

“Termasuk menekan waktu serta biaya sehingga biaya logistik semakin efisien dan semakin kompetitif,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu tampak hadir sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Comment