by

Sekda Melawi Ingatkan PNS Harus Bebas Intervensi Politik

Sekda Melawi Ingatkan PNS Harus Bebas Intervensi Politik

Buka Latsar CPNS

KalbarOnline, Melawi – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Melawi Paulus, membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi Tahun 2021, di salah satu hotel di Kota Nanga Pinoh, Senin (6/12/2021).

Sekda Paulus menyampaikan Latsar merupakan syarat wajib yang harus di ikuti oleh CPNS. Menurutnya, kalau tidak mengikuti Latsar ini, maka CPNS tidak berhak untuk menjadi PNS 100 persen.

Paulus mengatakan, PNS merupakan unsur utama SDM di dalam sebuah birokrasi, dimana ASN mempunyai peranan penting dan strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Dia menjelaskan, momentum Latsar ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas bagi CPNS, agar nantinya dapat mengemban dan menyelenggarakan tupoksinya dengan baik dan optimal.

“Perlu dibangun ASN yang yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat,” kata Paulus.

Ditempat yang sama, Kepala BKPSDM Melawi, Jaya Sutardi, melaporkan peserta Latsar CPNS formasi 2019 ini di ikuti 38 orang, terdiri dari 1 orang tenaga teknis, 1 orang Pranata Laboratoriun Kesehatan dan 36 orang tenaga pendidik.

Jaya mengatakan, tujuan Latsar CPNS Golongan III Angkatan CXXXVI ini untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegritas.

Jaya berharap, hasil yang dicapai dari kegiatan Latsar terwujudnya PNS yang profesional dalam pelayanan publik yang baik dan bermanfaat ditempat kerja serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa karena tugas utama PNS adalah abdi negara pelayanan masyarakat.

Comment

Terbaru