Soal KNPI dan Dispora Ketapang, Dewan: Jangan Sampai Ada Organisasinya Tapi Tak Ada Kegiatan

Soal KNPI dan Dispora Ketapang, Dewan: Jangan Sampai Ada Organisasinya Tapi Tak Ada Kegiatan

KalbarOnline, Ketapang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ketapang menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ketapang di gedung DPRD kabupaten Ketapang, Selasa (30/11/2021).

Dalam rapat yang difasilitasi oleh Komisi IV DPRD Ketapang itu, terungkap kalau KNPI mempertanyakan sejumlah persoalan kepada Pemkab Ketapang, mulai dari status pengelolaan Gedung KNPI, alokasi anggaran hingga bentuk kemitraan antara KNPI dan Pemda. KNPI Ketapang menilai, Dispora Ketapang terkesan tak melibatkan KNPI dalam membangun daerah khususnya dalam hal kepemudaan.

Baca Juga :  Open Turnamen se-Kalbar, Sekda Ketapang: Billiard Tidak Identik dengan Narkoba Atau Perjudian

Ketua DPRD Kabupaten Ketapang Febriadi yang turut hadir pada RDPU tersebut menyarankan agar Dispora dapat menggandeng KNPI dalam kegiatan yang bersifat pemuda dan olahraga.

“KNPI bisa menunjukkan eksistensinya dan organisasi-organisasi yang bernaung di bawahnya tentu juga akan bisa terlibat, sehingga kita berharap kedepan generasi muda benar-benar bisa bermitra dengan pemerintah daerah dalam hal membangun potensi muda,” katanya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Ketapang Achmad Sholeh memaparkan, RDPU tersebut menghasilkan tiga poin.

“Yang pertama menggenahkan langsung terkait pengelolaan gedung KNPI, ini akan ditindaklanjuti legalitas,” ujar Sholeh.

Kesepakatan yang kedua, lanjut Sholeh, pemerintah daerah akan memberikan penambahan dana untuk hibah. Dana tersebut dapat digunakan untuk kegiatan pengelolaan, pengembangan dan pembinaan, termasuk kegiatan berbentuk kepemudaan dan kewirausahaan oleh KNPI dan OKP di bawahnya.

Baca Juga :  Ribuan Rumah Warga di Sandai Ketapang Terendam Banjir

“Yang ketiga, pemerintah daerah bersinergi dengan KNPI dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan, minimal lima kegiatan. Jadi jangan sampai ada organisasinya tapi tidak ada kegiatan,” paparnya.

“Karena salah satu ujung tombak daerah ini adalah dipegang oleh pemuda, maka dari itu daerah maju pemudanya ikut andil dalam pembangunan tersebut,” pungkasnya.

RDPU yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD tersebut juga dihadiri Kepala BPKAD, Kepala Badan Kesbangpol, Plt Kadispora, hingga perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ketapang. (Adi LC)

Comment