by

Lomba Inisiatif Inovasi Daerah Dorong Semangat Berinovasi

Lomba Inisiatif Inovasi Daerah Dorong Semangat Berinovasi

KalbarOnline, Singkawang – Pemerintah kota Singkawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah kota Singkawang menggelar Lomba Inisiatif Inovasi Daerah kota Singkawang tahun 2021. Mengangkat tema ‘Yok, Berinovasi Untuk Singkawang Hebat 2022’, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh amanat Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Peraturan Wali Kota Singkawang Nomor 46 tahun 2021 tentang Indovasi Daerah.

Ajang perlombaan ini memberikan ruang gerak dalam rangka menjaring kreativitas masyarakat atau kelompok masyarakat, ASN, dan perangkat daerah untuk melakukan inisiatif inovasi daerah. Kegiatan ini telah dilaksanakan dari tahun 2020 dan akan diadakan secara rutin setiap tahunnya.

Sebanyak 27 proposal inisiatif daerah yang terkumpul dan pada acara Grand Final disampaikanlah nama-nama pemenang Lomba ini berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan, antara lain inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang di Grand Final Lomba Inisiatif Inovasi Daerah kota Singkawang tahun 2021 di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (29/11/2021).

Dalam ajang tersebut, Inspektorat Kota Singkawang menjadi pemenang pertama dengan judul proposal ‘Sistem Informasi Pengawasan Intern Terpadu (SIPADU)’ dengan kategori inovasi tata kelola pemerintahan.

Disusul Darwis Sirait dengan judul proposal ‘Pembayaran Retribusi Daerah (Parkir, Sampah, Pasar) Menggunakan QR Code’, dengan kategori inovasi pelayanan publik yang menduduki posisi pemenang kedua. Sementara itu, pemenang ketiga diraih oleh Elita dan Armida Yanti dengan judul proposal ‘Inovasi Budidaya Kepiting Sistem Vertikal Dengan Menggunakan Paralon’ dengan kategori inovasi lainnya.

Tjhai Chui Mie memberikan ucapan selamat kepada para pemenang dan peserta Lomba Inisiatif Inovasi Daerah kota Singkawang tahun 2021 lainnya. Ia menilai ajang perlombaan dapat mendorong timbulnya semangat berinovasi baik dari masyarakat atau kelompok masyarakat, ASN, dan perangkat daerah kota Singkawang.

BACA JUGA:  Singkawang Peringati HPSN Dengan Aksi Bersih dan Tukar Sampah

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan peserta lomba. Saya harap inovasi-inovasi tersebut dapat diterapkan dalam rancangan kerja, sehingga apa yang diusulkan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan Pemerintah kota Singkawang. Semoga melalui ajang ini, Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya juga terdorong untuk menhadirkan ajang seperti ini untuk mendorong semangat berinovasi daerahnya masing-masing.” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan inisiatif inovasi daerah kota Singkawang ini.

“Yang namanya membangun suatu daerah memang perlu kerjasama dengan masyarakat juga. Kalau hanya Pemerintah saja yang berinisiatif, malahan pembangunan tersebut lebih lambat dibangun. Tapi dengan peran serta masyarakat dalam berinovasi, saya percaya setiap pembangunan di kota Singkawang akan semakin cepat terbangun dan dirasakan manfaatnya,” katanya.

Ia berharap kedepannya ajang perlombaan ini bisa diadakan lebih luas dengan menjangkau peserta-peserta yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Ia menilai dengan luasnya penjangkauan inovasi tersebut dalam menjadi momen pembelajaran suatu daerah terhadap daerah lainnya untuk mendorong lahirnya inovasi daerah.

Comment

Terbaru