by

Jembatan Melawi 2 dan Nanga Keberak Dipastikan Selesai di Masa Dadi-Kluisen

Jembatan Melawi 2 dan Nanga Keberak Dipastikan Selesai di Masa Dadi-Kluisen

KalbarOnline, Melawi – Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa memastikan penyelesaian pembangunan dua jembatan yang sempat mangkrak di wilayahnya itu akan selesai di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Kluisen.

Ada Jembatan Melawi 2 yang ditargetkan selesai tahun ini dan Jembatan Nanga Keberak yang ditargetkan selesai tahun depan (2022).

Seperti diketahui Jembatan Melawi 2 merupakan akses penghubung antara wilayah Kecamatan Nanga Pinoh dengan Kecamaan Pinoh Utara yang terpisah oleh Sungai Melawi. Saat ini warga di dua kecamatan tersebut masih menggunakan jalur sungai untuk menyeberang

“Jembatan Melawi dua yang saat ini tengah dibangun akan memasuki tahap finishing pada tahun ini, dengan anggaran (APBD) Rp16 miliar,” ungkap Dadi saat menerima kunjungan Gubernur Kalbar Sutarmidji di Nanga Pinoh baru-baru ini.

Sementara untuk Jembatan Nanga Keberak di Desa Nanga Keberak, Kecamatan Belimbing Hulu diperkirakan bisa selesai tahun depan. Dalam penyelesaiannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan dibantu oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

“Tahun 2022, saya pastikan Jembatan Nanga Keberak pasti jadi,” tegasnya.

Menurut Dadi jembatan yang menghubungkan Sungai Belimbing itu, abutmennya sudah dibangun sejak era Bupati Melawi pertama tahun 2008. Tahun ini Pemkab Melawi mendapat bantuan berupa rangka baja dari pemerintah pusat. Saat ini sedang dalam proses pengangkutan dari Jakarta ke Pontianak, baru kemudian ke Melawi.

Diperkirakan awal Desember tahun ini rangka bajanya sudah sampai ke Desa Nanga Keberak. Sementara untuk pemasangan dan pengecorannya dianggarkan melalui APBD Kabupaten Melawi tahun anggaran 2022. Dengan estimasi biaya antara Rp4 miliar sampai Rp5 miliar.

“Sudah empat Bupati yang menjabat, Alhamdulillah Bupati kelima Dadi Sunarya akan menyelesaikan Jembatan Nanga Keberak,” katanya.

BACA JUGA:  Tagana Masuk Sekolah di Melawi, Siapkan Generasi Sadar Bencana Sejak Dini

Comment