Portugal dan Italia Adu Kuat Menuju Piala Dunia 2022

Portugal dan Italia Adu Kuat Menuju Piala Dunia 2022

KalbarOnline.com – Salah satu dari Italia atau Portugal tidak akan tampil di Piala Dunia 2022. Hal ini berdasarkan hasil drawing playoff zona Eropa.

Italia sebagai juara Eropa hanya finis kedua di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dua pekan lalu, setelah kalah bersaing dari Swiss. Portugal pun demikian usai takluk dari Serbia di matchday terakhir, yang membuat mereka jadi runner-up.

Maka dari itu Italia dan Portugal harus melewati babak playoff lebih dulu merebut tiket ke Qatar tahun depan. Menilik skema pengundian, publik khawatir kalau Italia dan Portugal akan “saling bunuh” di playoff.

Sebab bakal ada dua tim unggulan dan dua tim non-unggulan di setiap jalur playoff yang terbagi sebanyak tiga. Kekhawatiran itu lantas terjadi setelah hasil drawing di markas besar FIFA, Jumat (26/11/2021) malam WIB.

Baca Juga :  Final Piala Dunia 2022, Sujiwo Optimis Prancis Bakal Kubur Mimpi Argentina di Lusail Stadium Qatar Malam Ini

Italia dan Portugal berada di jalur C bersama Turki dan Makedonia Utara. Italia akan bertemu Makedonia Utara, sementara Portugal menjamu Turki. Jika Portugal dan Italia mengalahkan lawan-lawannya, maka keduanya akan berebut tiket Piala Dunia di final playoff.

Sungguh mengejutkan apabila Piala Dunia tahun depan tidak dihadiri salah satu dari dua jawara Eropa terakhir. Lalu, bagaimana dengan dua jalur lainnya?

Di Jalur A, Skotlandia bertemu Ukraina dan Wales berjumpa Austria. Kedua anggota Inggris Raya itu bisa saling berjibaku di final. Di Jalur B, ada Rusia kontra Polandia serta Swedia bertemu Republik Ceko.

Baca Juga :  Wabup Farhan Apresiasi Banyaknya Turnamen Sepak Bola Diadakan di Kabupaten Ketapang

Semua pertandingan semifinal playoff zona Eropa dihelat pada 24 Maret dan final pada 29 Maret. Sementara untuk dua playoff lainnya, yang mempertemukan wakil Asia kontra wakil Amerika Selatan dan wakil Amerika Utara, Tengah, dan Karibia kontra wakil Oseania, digelar satu leg pada 13-14 Juni di Qatar.

Jadwal Playoff Piala Dunia 2022

JALUR A

Semifinal

Skotlandia vs Ukraina

Wales vs Austria

Final

Pemenang Wales vs Austria jadi tuan rumah

JALUR B

Semifinal

Rusia vs Polandia

Swedia vs Republik Ceko

Final

Pemenang Rusia vs Polandia jadi tuan rumah

JALUR C

Semifinal

Italy vs Makedonia Utara

Portugal vs Turki

Final

Pemenang Portugal vs Turki jadi tuan rumah

Comment