by

Pimpin BM PAN Kalbar, Lutfi Almutahar Sasar Kalangan Muda

Pimpin BM PAN Kalbar, Lutfi Almutahar Sasar Kalangan Muda

KalbarOnline, Pontianak – Lutfi Almutahar dipercayakan memimpin Dewan Pimpinan Wilayah Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Provinsi Kalimantan Barat periode 2018-2023. Lutfi dipilih secara aklamasi dan resmi dilantik melalui Musyawarah Wilayah Luar Biasa DPW BM PAN Kalbar yang digelar di salah satu hotel di Pontianak, Sabtu, 27 November 2021.

Lutfi yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Pontianak itu berjanji akan menjadikan BM PAN Kalbar sebagai elemen penting pemenangan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pemilu 2024. Dia mengungkapkan, kepemimpinannya akan menyasar pemuda, pelajar dan mahasiswa dalam memenangkan PAN di Pemilu 2024.

“Mereka ini pemilih pemula yang terus tumbuh sejak pemilu-pemilu sebelumnya. Program BM PAN ke depan adalah lebih menyentuh pada komunitas pemuda di berbagai ranah profesi,” kata Lutfi usai pelantikan.

Lutfi menegaskan, BM PAN Kalbar sebagai organisasi sayap muda Partai Amanat Nasional, program organisasi, harus bisa beradaptasi dengan kecenderungan dunia anak muda atau populasi pemilih pemula yang terus tumbuh.

Program kerja BM PAN Kalbar, kata dia, akan bersegmentasi pada basis pemilih pemula baik yang ada di sentra komunitas ekonomi kreatif, olahraga, seni, sosial, dan lainnya.

“Dalam waktu dekat, kita akan adakan even-even yang mampu menggaet kalangan muda,” katanya.

Menurut Lutfi, bukan perkara sulit untuk merangkul kalangan muda.

“Intinya kita harus bisa mengikuti apa yang diinginkan anak muda, memperjuangkan aspirasi-aspirasi anak muda, apa yang diinginkan anak muda kita dengarkan dan perjuangkan,” katanya,

Namun, kata Lutfi, hal utama yang akan dilakukan pihaknya adalah konsolidasi para pengurus BM PAN Kalbar.

“Itu fokus utama kita, setelah itu baru kita rencana aksi,” katanya.

Sementara Ketua DPW PAN Kalbar Boyman Harun yang turut hadir bersama Sekretaris DPW PAN Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar dalam pelantikan BM PAN Kalbar itu berharap agar BM PAN Kalbar sejalan dengan apa yang menjadi target Partai Amanat Nasional.

“Saya harap BM PAN Kalbar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama harus hadir di manapun setiap masyarakat membutuhkan apalagi dalam kondisi seperti ini. Artinya yang bisa mereka lakukan, lakukanlah semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat. Itulah tugas pokok yang harus dilaksanakan BM PAN Kalbar,” katanya.

Apalagi, kata Boyman, BM PAN mencakup kalangan milenial dari berbagai profesi baik pelaku seni, olahraga, pengusaha dan sebagainya.

“Artinya BM PAN ini adalah rumah besar yang bisa ditempati oleh siapapun dan sudah pasti nyaman berada di dalamnya. Karena lengkap semuanya, kader-kadernya dari segala latar belakang pendidikan ada,” katanya.

Dirinya pun sependapat dengan Lutfi, bahwa bukan perkara sulit untuk mengajak kalangan muda untuk melek politik dan bergabung dalam BM PAN.

“Caranya kita harus bisa menyelami apa yang menjadi keinginan pemuda, kita harus bisa menyampaikan aspirasi anak muda kepada pemerintah. Apalagi Ketua DPW BM PAN Kalbar ini merupakan Anggota DPRD Kota Pontianak sekaligus sebagai representatif anak muda,” katanya.

“Jadi harus bisa mengakomodir kepentingan-kepentingan anak muda yang positif yang bersifat berkelanjutan dan memberi manfaat kepada anak muda itu sendiri,” katanya.

Pihaknya berharap agar BM PAN mampu merangkul sebanyak-banyaknya para pemuda Kalbar agar menjadi pendukung setia Partai Amanat Nasional.

“Sehingga mampu membuat PAN Kalbar sebagai partai kebanggaan masyarakat. Tapi tentu kader-kadernya harus berbuat baik kepada masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua Umum BM PAN Ahmad Yohan berharap agar BM PAN Kalbar bisa menjadi rumah besar anak-anak muda Kalbar yang ingin bergabung sekaligus belajar politik.

“Belajar bersama-sama mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat di Kalbar, bangsa dan negara. Dengan wadah ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada pemuda bahwa peran pemuda itu sangat besar untuk kepentingan bangsa kita ini,” katanya.

Menurutnya, jika pemuda apatis dan tak mau dekat dengan politik tentu akan menyebabkan kebijakan-kebijakan yang tak berpihak kepada para pemuda. Untuk itu, ditegaskan dia, pemuda harus masuk dan menyuarakan apa yang menjadi harapan pemuda yang jumlahnya begitu besar ini. Sehingga kebijakan politik di berbagai level baik provinsi maupun kabupaten/kota di Kalbar yang dirumuskan oleh legislatif dan eksekutif juga menyentuh apa yang menjadi harapan para pemuda.

“Kita percaya saudara Lutfi yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Pontianak bisa menjadi contoh bagi anak muda. Masih muda sudah bisa dipercaya partai, bisa mengambil peran yang penting dan bisa menjadi etalase anak muda, menjadi wakil anak muda, berjuang untuk anak. Kita harapkan agar semakin banyak anak muda yang memiliki kesadaran politik,” tutupnya.

Comment

Terbaru