Categories: Melawi

Wakil Bupati Jabat Ketua DAD Melawi Periode 2021-2026

Wakil Bupati Jabat Ketua DAD Melawi Periode 2021-2026

KalbarOnline, Melawi – Wakil Bupati Melawi, Kluisen, dilantik sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi Periode 2021-2026.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Ketua DAD Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Sabtu (27/11/2021).

Ketua DAD Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor, mengatakan, orang Dayak harus berorganisasi. Seperti DAD yang telah memiliki struktur di tingkat nasional yakni MADN sampai kecamatan.

“Tantangan kedepan cukup berat, karena DAD tak hanya bicara masalah budaya dan adat. Tapi juga bagaimana membantu pemerintah. Bagaimana dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” pesannya.

Dia juga menyatakan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat adat dalam pembangunan daerah. Serta melestarikan hukum adat dan menjungjung hukum adat.

Yakobus Kumis, Sekjen MADN turut meminta pengurus DAD Melawi kompak dan mampu menunjukkan prestasi.

“Jadikan DAD terdepan dalam mengedepankan rasa persatuan serta memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan. DAD kita harap Ikut menciptakan keamanan dan kedamaian,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY berharap pengurus DAD yang baru dilantik bisa bersinergi dengan pemerintah.

“Saya berharap DAD tidak hanya berupaya untuk melestarikan kebudayaan atau bidang kesenian semata, tetapi kebudayaan dayak secara menyeluruh hingga sampai pada kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, untuk rumah adat Dayak, sudah masuk dalam RKPD serta e-planning. Bahkan Pemkab juga mengalokasikan anggaran dalam APBD 2022 mendatang. Anggaran rumah adat Dayak bersamaan dengan rumah adat Melayu.

“Untuk rumah adat Dayak Rp1 miliar dan rumah adat Melayu Rp1 miliar dianggarkan tahun depan. Hanya saya harapkan lahannya bisa bersebelahan,” ujarnya.

Ketua DAD Melawi, Kluisen, usai pelantikan mengatakan setelah dilantik dirinya berharap pengurus dapat bersinergi dengan DAD provinsi demi kemajuan organisasi dan suku Dayak pada umumnya.

“Semoga hubungan DAD dan bupati terus terjalin dengan baik sehingga DAD semakin maju dan terus mendukung program pemerintah kedepan,” ungkapnya.

Kluisen mengatakan, DAD Melawi ingin menunjukkan semangat dan motivasi sebagai pengurus DAD untuk mendukung program pembangunan melalui program yang akan dilaksanakan kedepan. Termasuk siap memberikan kritikan dan saran yang membangun bagi pemerintah.

“Kami ingin menunjukkan kebersamaan dan kekompakan suku Dayak dalam membangun kabupaten Melawi sesuai. Dalam mewujudkan Melawi yang adil pantas dan hebat serta harmonis dalam keberagaman,” pungkasnya.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Kapuas Hulu Tuan Rumah MTQ ke-XXXIII, Bupati Sis: Harus Kita Dukung, Persiapan Harus Maksimal

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memimpin rapat pembentukan panitia pelaksana penyelenggaraan Musabaqah…

10 mins ago

Gusti Yusri dan Kundori Resmi Ditetapkan Sebagai Calon Ketua PWI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pendaftaran calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Barat yang dibuka…

2 hours ago

360 Guru Ngaji Tradisional Terima Bantuan Operasional dari Pemkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Sebagai bentuk perhatian terhadap guru ngaji tradisional yang telah menjalankan tugas mulia,…

6 hours ago

Pastikan Takaran PUBBM Akurat, Tim Pengawas Kemetrologian Sidak SPBU

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas…

6 hours ago

Berbagi Kebahagiaan, Ani Sofian Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

KalbarOnline, Pontianak - Suasana hangat terpancar tatkala Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian berbincang ringan…

6 hours ago

Seru..!! PLN Mengajar di TK Telkom Banjarbaru

KalbarOnline, Banjarbaru - PT PLN (Persero) Unit Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menggelar…

6 hours ago