by

Bupati Sis Terima Bantuan Presiden dari Gubernur Sutarmidji

Bupati Sis Terima Bantuan Presiden dari Gubernur Sutarmidji

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyerahkan bantuan banjir untuk Kabupaten Kapuas Hulu yang diterima langsung oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan di Kecamatan Silat Hilir, Rabu, 24 November 2021.

“Saya menyerahkan bantuan dari Presiden untuk Kabupaten Kapuas Hulu, yang awalnya hanya untuk Kabupaten Sintang. Saya sampaikan kepada Setneg bahwa banjir bukan hanya terjadi di Sintang, tetapi juga di Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau dan Sanggau. Alhamdulillah, Presiden memberikan tambahan bantuan 20.000 paket sembako,” katanya.

“Kapuas Hulu saya alokasikan 4.000 paket sembako bantuan Presiden RI. Saya juga minta Pak Bupati untuk terus koordinasi, kalau masih kondisi darurat di sini (Kapuas Hulu, nanti akan saya kirimkan. Karena persediaan bantuan masih ada,” katanya.

Selain itu, Gubernur Kalbar akan meminta PT. Pertamina untuk segera melaksanakan operasi pasar agar tidak terjadi kelangkaan gas elpiji di Kapuas Hulu.

“Tadi Camat Silat Hilir melaporkan kelangkaan stok elpiji. Saya sudah meminta Pertamina untuk segera melaksanakan operasi pasar dan besok Pertamina akan operasi,” katanya.

Bupati Sis Terima Bantuan Presiden dari Gubernur Sutarmidji

Tidak hanya menyerahkan bantuan, dalam kesempatan itu, Midji yang memboyong sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kalbar juga membahas rencana pembangunan di Kapuas Hulu. Seperti pembangunan jembatan, sekolah, dan sebagainya.

“Insya Allah, Jembatan Kecamatan Semitau akan selesai tahun depan (2022). Itu jembatan kayu akan diganti dengan jembatan Bailey (jembatan rangka batang) agar bisa dilalui jika terjadi banjir,” katanya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan bahwa banjir besar yang melanda Kabupaten Kapuas Hulu sejak tanggal 3 sampai 24 November. Adapun masyarakat yang terdampak sebanyak 44.966 jiwa dan 6.302 jumlah rumah warga terdampak. Terdapat pula 290 fasilitas umum yang terendam atau rusak.

Bupati pun mengapresiasi bantuan dari Gubernur Kalimantan Barat dan Presiden untuk masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu. Diakui Bupati, sudah banyak bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Kapuas Hulu, terutama yang menjadi korban banjir,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sis turut senang karena Gubernur Sutarmidji telah menegaskan berbagai program pembangunan untuk Kabupaten Kapuas Hulu ke depannya, mulai dari jembatan, sekolah dan pembangunan lainnya.

“Untuk sekarang Pak Gubernur akan memberikan kita tiga unit speed untuk mempermudah mendistribusikan bantuan sembako kepada korban banjir dan di tahun 2022 ada tiga jembatan kayu di Kecamatan Semitau akan diganti menjadi jembatan bailey,” kata Bupati Sis.

Adapun bantuan banjir yang diberikan berupa 4.000 paket sembako Presiden, dua truk bahan pangan, perlengkapan kesehatan dan obat-obatan, dan bahan sembako CSR Bank Kalbar.

Comment

Terbaru