by

Ritaudin Harap Gubernur Tambah Porsi Anggaran Infrastruktur untuk Melawi

Ritaudin Harap Gubernur Tambah Porsi Anggaran Infrastruktur untuk Melawi

KalbarOnline, Melawi – Anggota DPRD Provinsi Kalbar Ritaudin berharap agar Gubernur Kalbar Sutarmidji dapat menambah porsi anggaran infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Melawi dari APBD Provinsi.

Menurut Rita, harapan itu tentu bukan suatu hal yang muluk-muluk, lantaran perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalbar merupakan janji kampanye Gubernur Sutarmidji.

“Apalagi di Kabupaten Melawi, beliau menang sekitar 64 persen, artinya ini menjadi kewajiban juga,” kata Ritaudin, Senin, 22 November 2021.

Kata Legislator DPRD Provinsi Kalbar Dapil Kalbar 7 ini, porsi anggaran infrastruktur dari APBD Provinsi di tahun 2021 untuk Melawi sebesar Rp16 miliar lebih.

“Di tahun 2022, beliau akan menambah menjadi Rp20 miliar. Harapan kita ditambahlah menjadi 50 miliar, kita minta ini dipertimbangkan. Karena memang kondisi jalan dan jembatan yang hancur ini karena banjir juga. Ada beberapa jembatan yang memang harus segera ditangani,” katanya.

Kata Ritaudin, jika dilihat dari postur anggaran Pemprov Kalbar untuk infrastruktur, diakuinya memang sangat minim.

“Apalagi Pak Gubernur masih menyelesaikan bangunan gedung seperti rumah sakit sehingga anggaran banyak tersedot,” katanya.

Namun pihaknya dari DPRD Kalbar akan terus berjuang agar porsi anggaran untuk infrastruktur dapat ditambah. Di mana saat ini, porsi anggaran untuk infrastruktur yang dianggarkan dari APBD Provinsi hanya sekitar Rp100 miliar lebih.

“Masih jauh dari harapan. Karena beliau juga pernah menyampaikan bahwa akan mengalokasikan anggaran infrastruktur itu sekitar Rp1 triliun,” katanya.

Namun pihaknya memaklumi, lantaran di penyusunan APBD tahun kedua, Gubernur dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid-19.

“Kita tidak bisa memaksa juga. Tapi masih bisa digeser, karena kita belum ada keputusan final dari badan anggaran,” katanya.

“Kalau kita lihat postur anggaran yang dialokasikan di infrastruktur memang minim, tapi harapan kita karena memang ini kondisi banjir, bencana, mungkin beliau sudah pertimbangkan dan tahu, mudah-mudahan anggaran itu bisa ditambah mungkin bisa sampai Rp400-500 miliar, karena covid ini kan juga sudah melandai. Alangkah baiknya anggaran penangsnan Covid-19 dikurangi dan digeser ke infrastruktur untuk menangani jalan-jalan yang hancur karena banjir,” katanya.

Meski demikian, Ritaudin juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang sudah turun langsung melihat kondisi infrastruktur di Kabupaten Melawi.

“Bahkan tadi kita bersama-sama sampai ke Kecamatan Sokan sekaligus melihat sekolah. Target beliau untuk tahun 2023, jalan provinsi di Melawi berstatus kondisi mantap kita sambut positif dan kita dukung. Kita Dewan dapil Kalbar 7 sepakat dukung,” katanya.

Comment

Terbaru