Kasdam Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Sekadau

Kasdam Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau Aron mendampingi Kunjungan Kerja Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari di Kabupaten Sekadau. Kunker yang dilakukan Kasdam itu dalam rangka meninjau langsung kondisi banjir di Sekadau.

Tak hanya itu, Kasdam turut menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir kepada Bupati Sekadau di halaman Keraton Kusuma Negara Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (17/11/2021).

Selain meninjau beberapa titik lokasi banjir, Kasdam juga meninjau posko pengungsian masyarakat yang terdampak banjir yaitu di Keraton Kusuma Negara Sekadau, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

Brigjen TNI Djauhari mengatakan, dirinya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sekadau adalah untuk melihat langkah-langkah Kepala Daerah serta Forkopimda dalam melakukan penanggulangan banjir yang ada di Kabupaten Sekadau tersebut.

“Tadi saya sudah melihat bahwa Pak Bupati beserta SKPD termasuk Forkopimda sudah bagus melaksanakan kegiatan tanggap darurat yang dilakukan oleh Kepala BPBD Kabupaten Sekadau,” kata Djauhari.

Baca Juga :  Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Resmi Dimulai

“Ke depan, tentunya pada pasca bencana kita harus bisa mengatasi bagaimana pengungsi ini, kemudian bagaimana mengatasi kebutuhan dasar yang harus kita cukupi, terutama tentang kebutuhan kesehatan, karena pasca bencana banyak penyakit yang dapat menular,” tandasnya.

Selain itu, Kasdam XII/Tpr tersebut menambahkan bahwa dirinya juga telah menyiapkan obat-obatan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya keterjangkitan penyakit pada masyarakat pasca bencana banjir ini.

Sementara Bupati Sekadau Aron menyampaikan terkait dengan kondisi banjir di Kabupaten Sekadau mulai hari ini sudah berangsur surut, walaupun demikian ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap banjir kiriman dari hulu sungai yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Saat ini kondisi di daerah Sintang dan Melawi serta Kapuas Hulu masih banjir, oleh karena itu di daerah-daerah pesisir sungai di Kabupaten Sekadau sampai saat ini masih terdampak oleh banjir,” jelas Aron.

Selanjutnya, Bupati Sekadau menjelaskan bahwa sampai saat ini masyarakat yang berada di pengungsian dan yang memilih bertahan di rumah sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah termasuk juga dari organisasi masyarakat serta dari TNI dan Polri di Kabupaten Sekadau.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan KLA, WVI Gelar Pelatihan Fasilitator Desa

Usai peninjauan pada posko tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kasdam XII/Tpr kepada Bupati Sekadau dan kepada masyarakat yang terdampak banjir berupa bahan kebutuhan pokok, yang terdiri dari Beras 10 Ton, Mie Instan 40 Dus, Telur 40 Kilogram, Gula Pasir 75 Kilogram, air mineral serta obat-obatan dan kebutuhan lainnya.

“Kita berterimakasih sekali kepada para donatur, mudah-mudahan apa yang mereka berikan ini mendapat balasan oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta diberi kesehatan dan rezeki yang berlipat dari Allah,” ungkap Iskandar, warga terdampak banjir di RT 01 Desa Mungguk saat diwawancarai media.

Turut hadir pada peninjauan tersebut, Sekretaris Derah Kabupaten Sekadau, Dandim 1402/Sanggau-Sekadau, perwakilan Kepala Pengadilan Negeri Sanggau-Sekadau, Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Danramil 1402/Sekadau Hilir serta Pangeran Agung Sri Negara II Kusuma Negara Sekadau.

Comment