Wali Kota Edi Kamtono Ajak Warga Berperilaku Hidup Sehat

Wali Kota Edi Kamtono Ajak Warga Berperilaku Hidup Sehat

Launching GERMAS, UPT Puskesmas Purnama Gelar Yankes di Waterfront

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang digagas UPT Puskesmas Purnama bersama Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Peluncuran GERMAS ditandai dengan membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di kawasan waterfront Jalan Kamboja Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan, Minggu (14/11/2021).

Edi mengatakan, kegiatan yang digelar di waterfront ini sebagai bentuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui booth atau stan-stan yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Pontianak bersama UPT Puskesmas Purnama, masyarakat bisa memeriksakan kesehatan keluarganya.

“Kita harapkan dengan perilaku hidup sehat, masyarakat Kota Pontianak selalu sehat,” ujarnya.

Baca Juga :  SPBU PT UKM Ditutup Sementara, Sekda Kapuas Hulu: Pengeluaran dan Pendapatan Tidak Berimbang

Berbagai pelayanan kesehatan yang disediakan diantaranya pemeriksaan tekanan darah, gula darah, berat badan dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian jajaran kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berkaitan Hari Kesehatan Nasional,” kata Edi.

Selain pemeriksaan kesehatan, masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 di booth-booth yang disediakan di waterfront. Tujuannya agar vaksinasi menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Di setiap kesempatan kita buka vaksinasi agar menjangkau masyarakat langsung,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menerangkan, peluncuran GERMAS ini berkaitan dengan bulan penimbangan balita yang meliputi bulan November dan Desember. Berkaitan dengan itu, untuk melaksanakan program Bulan Penimbangan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan GERMAS pada hari ini.

Baca Juga :  Pertambahan Penduduk, Jadi Tantangan Pembangunan di Pontianak Barat

“Dalam kegiatan GERMAS hari ini selain pelayanan kesehatan, kita juga menyediakan pelayanan vaksinasi Covid-19 maupun vaksinasi rutin khususnya pada balita,” terangnya.

Sidiq menuturkan pelayanan kesehatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Pelayanan kesehatan ini selain dilaksanakan oleh puskesmas, juga dilaksanakan di seluruh posyandu, dimana selain melakukan penimbangan sekaligus untuk melengkapi vaksinasi rutin balita.

“Masyarakat sebagian besar merespon dengan antusias terutama keluarga yang memiliki balita,” tutur dia.

Melalui kegiatan ini pula, lanjutnya, pihaknya bisa mendeteksi status gizi atau berat badan balita sehingga bisa dipetakan berapa persen balita yang kurang gizi dan berapa persen yang gizinya lebih dan lain sebagainya.

“Dengan demikian kondisi kesehatan masyarakat kita bisa terpantau melalui kegiatan ini,” tutupnya. (J)

Comment