Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Melawi Imbau Warga Tetap Waspada Banjir Susulan

Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Melawi Imbau Warga Tetap Waspada Banjir Susulan

KalbarOnline, Melawi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada warga untuk selalu mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya banjir susulan. Terlebih bagi warga yang pemukiman berada di tepian sungai besar.

Kepala BPBD Melawi Syafarudin mengatakan, bahwa laporan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan sedang dan lebat masih memungkinkan berlanjut, di sebagian wilayah Kabupaten Melawi.

Baca Juga :  Musim Hujan Menjelang, BPBD Kalbar Imbau 4 Langkah Mudah Antisipasi Banjir

Dia mengungkapkan, sejak dua pekan terakhir, curah hujan memang sangat tinggi melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Melawi.

Menyikapi hal itu, Syafarudin mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi dan selalu mewaspadai potensi banjir susulan, maupun cuaca yang tergolong ekstrem.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya untuk daerah yang berpotensi banjir dan longsor,” ujar Syafarudin, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Bakal Ngantor di Daerah Terdampak Banjir

“Kita imbau agar warga yang berada di bantaran sungai dan dibawah bukit untuk tetap waspada dan hati-hati, jika hujan dan angin kencang berlangsung sangat lama. Karena hal itu dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor,” sambungnya.

Dia berharap banjir susulan tidak terjadi. Sebelumnya, kata dia, bencana banjir di Kabupaten Melawi terjadi diseluruh kecamatan. Ribuan unit rumah hingga fasilitas umum terendam.

Comment