Pemkab Ketapang Rencanakan Bangun Flyover di Ruas Jalan Pelang-Inhutani

Pemkab Ketapang Rencanakan Bangun Flyover di Ruas Jalan Pelang-Inhutani

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang bersama Tim Pertimbangan dan Percepatan Pembangunan Daerah (TP3D) mewacanakan pembangunan jalan layang atau flyover pada ruas jalan Pelang-Inhutani sepanjang 14 kilometer.

Pilihan pembangunan jalan layang, bukan dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas, namun lebih ke arah mengatasi kondisi tanah. Rancangan tersebut dipaparkan Ketua Tim TP3D Gusti Kamboja di hadapan pejabat utama Pemerintah Kabupaten Ketapang, di kantor bupati, Selasa (9/11/2021) pagi.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Bangun Aplikasi Pembayaran Online

Menurut Ketua TP3D Ketapang Gusti Kamboja, jika dibandingkan dengan jalan biasa, Pemkab Ketapang yakin jalan layang dengan pondasi tiang pancang dapat bertahan dalam jangka waktu lama di atas lahan gambut.

Adapun terkait pembiayaannya, Gusti Kamboja memaparkan, skema pembiayaan kontruksi bangunan jalan layang dengan pondasi tiang pancang tersebut dapat melalui berbagai sumber.

“Sumber pembiayaan mulai dari ABPD kabupaten, APBD provinsi, APBN, hibah perusahaan swasta hingga dana pinjaman daerah. Estimasi biayanya Rp213,8 miliar, lama pekerja bisa memakan waktu hingga empat tahun,” ujarnya.

Baca Juga :  Hadiri Natal Bersama, Bupati Martin Ajak Warga Ketapang Jaga Kondusifitas

Sementara itu, Bupati Ketapang Martin Rantan mengatakan dengan keterbatasan keuangan daerah, pembangunan ini tidak bisa dikerjakan dalam tahun tunggal, namun secara bertahap dan menggunakan jasa konsultan jalan-jalan nasional.

“Dalam tahap perencanaan ini kita juga minta bantu dari konsultan jalan-jalan nasional,” ucapnya.

Martin Rantan juga menekankan, wacana ini dapat segara dibuatkan peraturan bupati atau peraturan daerah sehingga dapat dilanjutkan pada era kepemimpinan Bupati ke depan. (Adi LC)

Comment