Banjir Rendam Lima Desa di Nanga Tayap, Polisi Terus Salurkan Bantuan

Banjir Rendam Lima Desa di Nanga Tayap, Polisi Terus Salurkan Bantuan

KalbarOnline, Ketapang – Curah hujan dengan intensitas tinggi masih terus terjadi di wilayah Ketapang. Kondisi ini membuat sejumlah daerah terendam banjir. Di Kecamatan Nanga Tayap, dilaporkan terdapat lima desa yang terendam banjir. Hingga Sabtu, 6 November 2021, tinggi debit air telah mencapai hingga 1,5 meter. Kondisi ini terjadi akibat meluapnya Sungai Nanga Tayap.

Terdata sebanyak 1800 KK dari lima desa itu terdampak banjir. Sementara beberapa bangunan sekolah, bangunan pemerintah, serta rumah ibadah dan fasilitas umum juga terendam air. Meski demikian masih belum terdapat korban jiwa.

Kapolres Ketapang Akbp Yani Permana melalui Kapolsek Nanga Tayap Ipda Adi Wahyu menyebut kalau lima desa yang terendam banjir di Kecamatan Nanga Tayap di antaranya Desa Mensubang, Pangkalan Telok, Tanjung Medan, Simpang Tiga Sembelangaan dan Sungai Kelik.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Alokasikan Rp80 Miliar APBD Kalbar untuk Infrastruktur Ketapang

“Kelima wilayah desa ini merupakan wilayah yang berdekatan dengan daerah aliran Sungai Nanga Tayap. Di mana saat curah hujan tinggi yang menyebabkan luapan aliran sungai, sehingga kelima desa ini langsung terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi,” katanya, Sabtu, 6 November 2021.

Ia mengatakan, saat ini jajaran Polsek Nanga Tayap bersama Koramil Nanga Tayap, BPBD Ketapang serta aparatur desa, telah melakukan upaya pendataan terhadap warga yang terdampak banjir. Pihaknya juga telah menyalurkan bantuan sembako berupa beras dan mie instan kepada 300 kepala keluarga korban banjir.

“Sudah kita salurkan bantuan paket sembako berupa beras, mie instan dan ikan sarden di setiap desa yang terdampak dengan total bantuan sekitar 300 paket sembako, dan akan terus kita siapkan lagi untuk bantuan selanjutnya,” katanya.

Baca Juga :  Dinyatakan Hilang, Pencarian Pemancing yang Tenggelam di Sungai Pawan Ketapang Dihentikan

Ipda Adi Wahyu juga mengatakan, Polres Ketapang melalui Polsek Nanga Tayap bersama unsur pemerintahan lainnya terus berupaya melakukan penanganan banjir. Selain itu, pihaknya juga akan terus memberikan bantuan logistik berupa sembako untuk mengurangi beban warga yang terdampak langsung dari banjir tersebut.

Ia menambahkan kalau saat ini kondisi air di kelima desa tersebut mulai berangsur surut, namun dikhawatirkan apabila beberapa hari kedepan terjadi lagi curah hujan yang tinggi, maka dipastikan akan terjadi kenaikan debit air sungai.

“Hingga saat ini, intensitas hujan di wilayah Nanga Tayap terpantau masih tinggi, kami berharap kepada warga untuk selalui waspada terhadap kenaikan debit air,” tandasnya. (Adi LC)

Comment