Keraton Tayan Terima Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Banjir

Keraton Tayan Terima Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Banjir

KalbarOnline, Sanggau – Sebagai wujud kepeduliaan sosialnya, Raja Tayan Gusti Yusri berinisiatif menjadikan Keraton Tayan sebagai posko bantuan banjir. Dia pun mengajak masyarakat untuk bersama menghimpun bantuan kemanusiaan dalam bentuk apapun untuk disalurkan kepada korban banjir Sanggau khususnya di wilayah Kerajaan Tayan mencakupi Tayan-Meliau-Toba-Balai-Tayan Hulu.

Hal ini dilakukan mengingat kondisi banjir yang semakin meluas. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, tercatat sebanyak 6.286 KK terdampak banjir di enam kecamatan, dengan total sebanyak 22.490 jiwa. Tak sedikit warga yang rumah terendam banjir memilih mengungsi di posko yang telah disiapkan pemerintah.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono Siap Sambut Lawatan 20 Jurnalis Malaysia ke Pontianak

Keraton Tayan Terima Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Banjir

Gusti Yusri mengatakan, pihaknya menghimpun bantuan dari berbagai elemen masyarakat untuk kemudian disalurkan ke warga terdampak banjir.

Ia mengatakan berbagai bentuk kepedulian yang ditunjukkan oleh masyarakat sangat berarti bagi pemulihan korban yang terdampak banjir. Menurutnya, dalam bencana seperti ini, ikatan rakyat Bumi Daranante harus kuat. Masyarakat lainnya harus peduli dengan mereka yang ditimpa musibah.

Baca Juga :  Raja Tayan Lepas Pawai Obor Sambut Ramadhan

“Untuk saat ini kita sifatnya menerima penyaluran bantuan. Tapi kalau kondisi darurat, kita akan siapkan Keraton sebagai tempat pengungsian dan dapur umum,” kata Gusti Yusri, Minggu, 7 November 2021.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dapat menghubungi nomor layanan resmi yang telah disiapkan Keraton Pakunegara Tayan sebagai berikut; 0813-4521-9222, 0813-4534-5412, 0812-5629-8560, 0822-5467-2461, dan 0815-2220-222.

Comment