Dharma Wanita Gelar Vaksinasi Massal, Wako Edi : Ayo Vaksin, Pontianak Sehat

Dharma Wanita Gelar Vaksinasi Massal, Wako Edi : Ayo Vaksin, Pontianak Sehat

KalbarOnline, Pontianak – Serbuan vaksinasi massal di Kota Pontianak terus gencar dilakukan untuk menyasar masyarakat yang belum divaksin atau yang sudah menjalani vaksinasi pertama namun belum untuk vaksinasi kedua. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak juga turut menggelar vaksinasi massal di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Sabtu (30/10/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono membuka kegiatan vaksinasi massal. Dalam kesempatan itu, ia mengkampanyekan slogan vaksinasi yang diikuti oleh peserta vaksin.

“Ayo Vaksin, Pontianak Sehat,” ucapnya.

Edi menyambut positif inisiasi DWP Kota Pontianak yang turun melaksanakan vaksinasi massal untuk memperluas jangkauan vaksinasi. Ia mengimbau seluruh anggota DWP untuk mengajak keluarga, tetangga, teman, saudara dan semua masyarakat untuk mendatangi titik-titik pelaksanaan vaksinasi agar bisa divaksin.

“Semangat terus Dharma Wanita, ajak anggotanya untuk mengajak keluarga dan tetangganya untuk divaksin,” imbaunya.

Sebagaimana diketahui, capaian vaksinasi di Kota Pontianak ditargetkan 70 persen hingga akhir Oktober 2021. Ia berharap dalam dua hari ini jumlahnya semakin melonjak karena akhir pekan ini banyak digelar vaksinasi massal oleh berbagai pihak.

Baca Juga :  Hadiri Wisuda Untan 2018, Sutarmidji Sedot Perhatian Masyarakat, Keramahannya Jadi Ciri Khas

“Target kita akhir 2021 harus 80 persen. Kalau ini sudah tercapai, ikhtiar kita Insyaallah Kota Pontianak terbebas dari pandemi Covid-19 dan kita bisa beraktivitas seperti sediakala,” ungkap Edi.

Menurutnya, vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19. Upaya itu membuahkan hasil dimana pandemi Covid-19 di Kota Pontianak sudah mulai mereda dan terkendali. Di Rusunawa Nipah Kuning sudah tidak ada lagi pasien yang menjalani isolasi, demikian pula di rumah sakit jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 kian berkurang.

“Meskipun demikian, kita masih dalam keadaan darurat pandemi Covid-19 sehingga protokol kesehatan masih menjadi kunci utama dalam pencegahan Covid-19,” tukasnya.

Ketua DWP Kota Pontianak Eka Suharti Aprilianti Mulyadi menjelaskan kegiatan vaksinasi massal hari ini dalam rangka memperingati Ulang Tahun DWP Kota Pontianak ke-22 sekaligus Hari Jadi ke-250 Kota Pontianak. Untuk peserta vaksinasi yang terdaftar sebanyak 503 orang. Jumlah ini dikatakannya akan bertambah karena masih terbuka bagi masyarakat yang mendaftar langsung pada hari ini.

“Kita juga minta keluarga ASN diikutsertakan bagi yang belum divaksin,” tuturnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Pawai Obor di Pontianak Antusias Sambut Ramadhan

Eka menambahkan, tujuan pelaksanaan vaksinasi massal ini untuk membantu masyarakat yang belum mendapat vaksin Covid-19. Selain vaksinasi, lanjutnya, DWP Kota Pontianak juga melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial lainnya.

“Pekan depan kita akan melaksanakan donor darah, anjangsana ke panti-panti dan sebagainya,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Mulyadi mendukung DWP Kota Pontianak yang telah menginisiasi kegiatan vaksinasi massal. Hal ini merupakan upaya DWP membantu dan mendukung program vaksinasi.

Langkah DWP menggelar vaksinasi massal ini juga untuk menggencarkan vaksinasi di kalangan ASN lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. DWP dinilainya berperan ambil bagian untuk mengajak seluruh ASN beserta keluarga-keluarganya yang belum divaksin, termasuk yang pensiunan yang belum tersentuh program vaksinasi.

“Alhamdulillah datanya cukup banyak, mudah-mudahan bisa terpenuhi sesuai dengan harapan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menerangkan, kegiatan hari ini yang dilakukan DWP Kota Pontianak yang sudah terdaftar pesertanya kurang lebih 500 orang. Namun jumlah itu bisa bertambah karena pendaftaran dilakukan secara langsung di lokasi.

“Siapapun yang datang akan dilayani pada hari ini,” terangnya. (J)

Comment