Bupati Sis Siap Carikan Pasar untuk Petani Ubi di Selimbau

Bupati Sis Siap Carikan Pasar untuk Petani Ubi di Selimbau

Minta Pemdes libatkan peran BUMDes

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melakukan kunjungan kerja untuk meninjau perkebunan ubi yang ada di Desa Sekubah dan Desa Benuis, Kecamatan Selimbau, Jumat siang, 29 Oktober 2021.

Bupati Sis menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan membantu kelompok tani agar hasil dari olahan ubi tersebut bisa mendapatkan pasar.

“Kami akan melakukan pembinaan kepada Poktan agar barang ini bisa tumbuh hingga sampai tahap produksi serta mencari pasar, sehingga masyarakat bisa terjamin,” katanya.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Hulu Buka Turnamen Aspember Cup Desa Nanga Mentebah 2022

Bupati Sis Siap Carikan Pasar untuk Petani Ubi di Selimbau

Bupati juga menegaskan bahwa semua fasilitas bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah ini adalah merupakan stimulan atau perangsang dalam rangka percepatan proses pembangunan pertanian di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Pemerintah tidak menutup mata, kita berikan bantuan untuk mesin produksi. Semoga ini bisa membantu, serta bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Selain itu pengembangan kawasan baru, ubi kayu dengan luas lahan sebesar 180 hektar tersebut memiliki paket lengkap dengan pengolahan lahan, bibit, pupuk dasar dan jalan kawasan ubi kayu yang sudah diserahterimakan kepada masyarakat atau kelompok tani.

Baca Juga :  Hadiri Gawai Sandau Ari, Fransiskus Diaan: Jaga dan Lestarikan Adat Istiadat Kita

Pihaknya berharap agar masyarakat maupun pemerintah desa bisa bersatu padu dalam pengelolaan usaha pengembangan ubi kayu serta kedepannya bisa melibatkan peran BUMDes.

“Kepada tim ekonomi kabupaten saya minta agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas program mulai dari sektor industri hulu sampai hilir pengolahan dan pemasaran hasil produk sesuai peran dan fungsinya masing-masing, sehingga komoditas unggulan ubi kayu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Sekubah dan Desa Benuis,” katanya.

Comment