Sekda Sebut Pertumbuhan Ekonomi dan Stabilisasi Inflasi Perlu Kerjasama Pusat dan Daerah

Sekda Sebut Pertumbuhan Ekonomi dan Stabilisasi Inflasi Perlu Kerjasama Pusat dan Daerah

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini menghadiri rapat koordinasi pusat daerah pengendalian inflansi tahun 2021 yang dilaksanakan di aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Rakor tersebut mengusung tema ‘sinergi pusat dan daerah dalam rangka stabilisasi inflansi dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan peran digitalisasi’.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Apresiasi Perumda Tirta Uncak Kapuas Alami Keuntungan

Dalam upaya mencapai sasaran pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi yang stabil membutuhkan kerja keras bersama antara Pemerintah Pusat dan daerah, mengingat perekonomian global yang terus berubah dan fluktuasi harga kebutuhan pokok yang mengakibatkan pada peningkatan inflasi yang berimbas pada menurunnya daya beli, khususnya masyarakat yang berpendapatan rendah.

“Persoalan struktural terkait dengan harga di daerah seperti kemandirian pangan, energi, distribusi dan rendahnya konektifitas antar daerah menjadi sorotan didalam Rakorpusda hari ini, karena turut memberi andil tingginya inflasi di daerah,” kata Sekda.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Kapuas Hulu Pantau Harga Bahan Pokok

Tantangan dalam mengendalikan inflasi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah baik oleh Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota tentunya memperhatikan adanya keterbatasnya infrastruktur di daerah, khususnya yang memiliki potensi sumber daya alam tetapi miskin infrastruktur sehingga biaya ekonomi menjadi tinggi.

Comment