RAPBD Pontianak 2022 Masih Fokus Tangani Covid-19

RAPBD Pontianak 2022 Masih Fokus Tangani Covid-19

Wali Kota Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2022

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut Rancangan APBD tahun 2022 masih fokus pada penanganan Covid-19. Hal itu mengacu kepada arahan pemerintah pusat terutama berkaitan dengan Covid-19.

“Volume APBD tahun 2022 Rp1,82 triliun,” ujarnya usai menyampaikan nota keuangan RAPBD tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Senin (25/10).

Selain itu, lanjut dia, fokus tahun 2022 masih tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur program multiyears seperti penyelesaian rumah sakit di Pontianak Utara, waterfront, drainase dan jalan penunjang Jembatan Kapuas I. Tak hanya infrastruktur, pemulihan ekonomi juga tak luput dari pembahasan RAPBD 2022.

Baca Juga :  Usia 69 Tahun, Gunawan Diganjar Penghargaan Pendonor Tertua

“Bagaimana masyarakat bisa semangat beraktivitas, produktif terutama untuk pelaku UMKM,” katanya.

Sementara untuk serapan anggaran tahun 2021 sudah mendekati 80 persen. Ia berharap serapan ini terus bertambah.

“Sebab ada program yang baru dilelang karena di perubahan anggaran,” kata Edi.

Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin menambahkan APBD Kota Pontianak masih menitikberatkan pada penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Pontianak Raih Dua Penghargaan dari Menteri PP-PA

“Karena kita masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 sehingga anggaran juga harus dipersiapkan,” tuturnya.

Dalam penganggaran juga memperhatikan UMKM, jaringan pengaman sosial dan infrastruktur, terutama untuk meningkatkan perekonomian di Kota Pontianak. Selain itu, APBD Kota Pontianak 2022 juga fokus untuk pengentasan kemiskinan.

“APBD 2022 ini bulan ini akan kita bahas dan mudah-mudahan selesai tepat waktu sesuai peraturan perundang-undangan yang diberikan kepada kami,” pungkasnya. (J)

Comment