by

Rakon PKK Sekadau Hilir: Selaraskan Program Kerja

Rakon PKK Sekadau Hilir: Selaraskan Program Kerja

KalbarOnline, Sekadau – Tim Penggerak PKK Kecamatan Sekadau Hilir menggelar Rapat Konsultasi (Rakon) yang digelar di Aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Rabu, 13 Oktober 2021. Rakon yang dibuka oleh Ketua PKK Sekadau Magdalena Susilawati Aron itu diikuti Tim Penggerak PKK desa se-Kecamatan Sekadau Hilir.

Magdalena mengatakan, rakon tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya sebagai tindaklanjut dari implementasi kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau dengan tetap mengacu pada hasil rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar. Hal ini Bertujuan untuk menyelaraskan dengan hasil rakernas PKK dengan program prioritas.

Melalui rakon tersebut dapat menghimpun saran dan pendapat untuk menyempurnakan program kerja hingga ke tingkat desa. Sehingga, program dapat dilaksanakan dengan baik. Dalam pengelolaan program kerja juga bersinergi dengan instansi terkait yang mengacu pada program pemerintah daerah sebagai mitra kerja.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut juga untuk mengevaluasi program kerja PKK dan memotivasi para pengurus PKK serta menambah wawasan dengan berbagi pengalaman. Sehingga, kedepan bisa lebih optimal, berkualitas dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat dalam membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan keluarga demi tercapainya kesejahteraan keluarga.

Rakon PKK Sekadau Hilir: Selaraskan Program Kerja

Dalam kesempatan itu, Magdalena mengaskan, PKK memiliki peran penting membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu dia mengajak pengurus TP PKK tingkat kecamatan untuk terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti acara kita hari ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan membagi dua sesi dan tetap memakai masker meski di dalam ruang serta bisa jaga jarak. Ini sesuai dengan apa yang sudah diatur oleh Satgas covid-19 Kabupaten Sekadau,” katanya.

“Terima kasih kepada seluruh kader PKK yang sudah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M),” katanya.

Sementara Camat Sekadau Hilir Haji Safi’i Yanto mengatakan, PKK menjadi benteng terdepan dalam masalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Dia pun sependapat bahwa PKK merupakan komponen penting untuk bisa turut andil membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Rakon PKK Sekadau Hilir: Selaraskan Program Kerja

Selain itu Safi’i berharap, PKK dapat berinovasi, bekerjasama dengan OPD terkait untuk merumuskan program ketahanan dapur yang menurutnya sangat tepat untuk masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

“Ini juga sesuai dengan program Bapak Bupati dan Wakil Bupati yakni Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan (IP3K) untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

“Tentu kita berharap dengan adanya rakon ini bisa melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, dan soliditas dari para pengurus PKK dalam mengatasi masalah masyarakat. Kita juga berharap kepada seluruh kader PKK untuk mensukseskan IP3K,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pula Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau Wiwin Atriana Subandrio, pengurus PKK Sekadau, Ketua dan Pengurus TP PKK se-Kecamatan Sekadau Hilir serta tamu undangan lainnya.

Comment

Terbaru