Banjir Terjang Melawi, Jalan Nasional Tergenang

Banjir Terjang Melawi, Jalan Nasional Tergenang

KalbarOnline, Melawi – Wilayah Kabupaten Melawi di beberapa kawasan kecamatan kembali diterjang banjir, setelah terjadi hujan lebat tiga hari terakhir.

Pantauan media ini, ratusan rumah di sejumlah desa, termasuk jembatan, jalan poros kabupaten dan desa hingga jalan nasional tergenang dengan ketinggian air mencapai 30 – 50 sentimeter.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syafarudin, selain bencana banjir merendam rumah-rumah penduduk dan fasilitas umum, juga merendam sejumlah titik di jalan nasional Nanga Pinoh-Sintang di area Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh, Desa Pemuar dan Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing.

Baca Juga :  Dewan Minta Pemda Segera Atasi Banjir di Kota Ketapang : Persoalan Klasik

“Jalur tersebut memang kerap banjir bila hujan cukup lama di perhuluan. Walaupun jalan nasional ini terendam banjir, hingga kini masih bisa dilewati kendaraan,” kata Syafarudin, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga :  Bocah 7 Tahun di Kabupaten Melawi Meninggal Akibat Karhutla

Syafarudin lebih lanjut menjelaskan, hingga sekitar pukul 16.00 WIB sore ini, arus banjir kiriman di kanan kiri jalan itu terpantau semakin deras, dan genangan semakin tinggi.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian agar lebih hati-hati menerobos jalan tergenang, terlebih kepada pengguna roda dua, yang dikhawatirkan bisa mogok saat melewati banjir.

Comment